Page Detail

Tuntun Mahasiswanya Menatap Masa Depan, Prodi Sastra Indonesia FIB UNS Adakan Bimbingan Karier Mahasiswa

Tuntun Mahasiswanya Menatap Masa Depan, Prodi Sastra Indonesia FIB UNS Adakan Bimbingan Karier Mahasiswa

Guna memberikan konstruksi jalan yang mantap untuk menapaki masa depan, Program Studi (prodi) Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan Bimbingan Karier Mahasiswa secara hybrid pada Selasa pagi (07/06/2022), hadir sebagai narasumber Hefrizal (Ketua Asosiasi Pengusaha Pribumi Indonesia (Asprindo)) dan Muh. Bintang Yanita Putra (Owner Penerbitan Oase).

Kepala Prodi Sastra Indonesia FIB UNS, Dr. Dwi Susanto, S.S., M.Hum. berpesan pada para peserta untuk mengambil sebanyak mungkin informasi dari para narasumber. “Anak-anakku ayo gali informasi sebanyak-banyaknya, melalui diskusi ini kalian akan mendapat banyak bekal guna terjun meniti karier nanti” tuturnya.

Hefrizal membuka diskusi dengan pembahasan mengenai banyaknya ruang kerja dengan kompetensi kebahasaan. Muh. Bintang sebagai narasumber kedua menjelaskan secara terperinci beberapa aspek guna mendirikan penerbitan, alumni Prodi Sastra Indonesia FIB angkatan 2011 ini juga menyinggung tentang penerbitan mayor dan indie.

“Penerbit Mayor itu merupakan penerbit yang dimiliki oleh perusahaan berskala besar, hasil cetakan penerbit ini dapat dipastikan akan tersebar di berbagai daerah. Penerbit Indie dari asal kata independen jadi penerbit mandiri dengan skala yang lebih kecil.” jelas Muh. Bintang.

Antusias peserta melempar pelbagai pertanyaan pada narasumber sangat tinggi, hal ini membuktikan bahwa mahasiswa sudah terbuka dan menata bayangan jenjang karier mereka. Widia (Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia angkatan 2019) menanyakan bekal apa yang perlu dibawa untuk melamar di media, Hefrizal yang mempunyai pengalaman dalam bidang kepegawaian lugas menjawab, bahwa para pelamar wajib  memiliki sisi faktual, berfikir kritis, dan harus menjadi pribadi yang live atau mampu menghidupkan suasana. (Rensi)