Program Unggulan

Program Unggulan

 

Fakultas Ilmu Budaya memiliki tujuh program studi diantaranya lima program studi sarjana (S1) dan dua program studi pascasarjana yang sudah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Status akreditasi setiap program studi dirangkum pada tabel berikut ini.

 

No.

Program Studi

Status Akreditasi

1

Program Studi Sastra Daerah untuk Sastra Jawa

A (Baik sekali)

2

Program Studi Sastra Indonesia

A (Baik sekali)

3

Program Studi Sastra Inggris

A (Baik sekali)

4

Program Studi Sejarah

A (Baik sekali)

5

Program Studi Sastra Arab

A (Baik sekali)

6

Program Studi S2 Ilmu Linguistik

 B (Baik)

7

Program Studi S3 Ilmu Linguistik

B (Baik) 

 

Setiap Program Studi juga memiliki program unggulan sesuai dengan bidang ilmu yang dikembangkan, daya dukung, dan potensi yang dimiliki. Program unggulan ini mengacu  kepada Program Induk Pengembangan (PIP) FIB yaitu kajian budaya etnik terutama budaya Jawa sebagaimana dituangkan dalam visi dan misi Fakultas.  Program unggulan masing-masing  Program Studi di lingkungan FIB adalah sebagai  berikut:

  1. Program Unggulan Program Studi Sastra Daerah: menciptakan tenaga akademik yang ahli di bidang Linguistik, Sastra dan Filologi Jawa.
  2. Program Unggulan Studi Sastra Indonesia: mengembankan ilmu Linguistik, Sastra, dan Filologi Bahasa Indonesia.
  3. Program Unggulan Program Studi Sastra Inggris: mengembangkan ilmu Linguistik, Sastra, penerjemahan dan American Studies, serta memberikan layanan jasa, seperti: Konsultasi pembuatan laboratorium bahasa dan kerjasama dalam pengembangan SDM di bidang pembelajaran Bahasa Inggris.
  4. Program Unggulan Program Studi Ilmu Sejarah: mengembangkan laboratorium sejarah kebudayaan, pemetaan situs-situs sejarah, kearsipan, dan visualisasi seni dan tradisi.
  5. Program Unggulan Program Studi Sastra Arab: mengembangkan kompetensi keilmuan dan kecakapan komunikasi yang berbasis bahasa, sastra, dan budaya Arab.
  6. Progam Unggulan Program Studi Magister ilmu Linguistik: kompetensi keilmuan dan kepakaran utama dalam bidang ilmu kebahasaan yang terfokus pada bidang Linguistik Deksriptif dan Penerjemahaan.
  7. Program Unggulan Program Studi Doktoral ilmu Linguistik