Page Detail

Tingkatkan Kemampuan Public Speaking, HMJ Sastra Inggris FIB, Edcom, Adakan ED-TALK

Tingkatkan Kemampuan Public Speaking, HMJ Sastra Inggris FIB, Edcom, Adakan ED-TALK

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sastra Inggris  Fakultas Ilmu Budaya UNS, yang dikenal dengan Edcom (English Department Community) kembali mengadakan ED-TALK. Seperti kita tahu kegiatan ini adalah sesi berbincang dan berbagi ilmu yang menarik bersama dengan para ahli, tahun ini ED-TALK menggambil tema "Elevating Self-Value through a Good Public Speaking Skill". Acara rutin tahunan Edcom itu berlangsung pada, Sabtu (26/09/2020) melalui media daring ini menghadirkan Patra Gumala (Penyiar Gen 98.7 Fm Radio, Jakarta) sebagai narasumber, yang siap membagikan ilmu tentang meningkatkan ketrampilan berbicara di depan umum dengan baik.

Tujuan dari kegiatan ini sendiri lebih memberikan bekal dan wawasan, pada para peserta untuk mampu mengasah kemampuan mereka dibidang Public Speaking. Dewasa ini semua paham bahwa kemampuan berbicara di depan umum, menjadi sisi yang patut dikuasai oleh siapa saja. Dari penguasaan Public Speaking yang baik akan menumbuhkan nilai diri yang unggul. Nada serupa juga dipaparkan oleh Dr. Fitria Akhmerti Primasita, S.S., M.A, Kepala Program Studi Sastra Inggris, FIB.

“Kegiatan semacam ini saya acungi jempol, di riuhnya pandemi kita harus mampu menciptakan perbicangan yang bernada inovatif, agar teman-teman juga merasa fun namun tetap bisa menyelipkan edukasi di dalamnya. Mengusung "Elevating Self-Value through a Good Public Speaking Skil  di ED-TALK kali ini saya rasa tepat. Agar seluruh peserta mampu memiliki sisi Public Speaking Skill yang baik dan menarik” tegasnya .

Agaknya platform Zoom tetap menjadi kawan dan saksi setia disetiap kegiatan berdimensi online, ED-TALK berlangsung dengan menarik mulai sesi awal disambut girang Riko Bagas mahasiswa Sastra Inggris, yang bertugas sebagai pembawa acara dan merangkap moderator.  Seorang penyiar radio dianggap piawai menata kalimat dengan asik dan menarik, terbukti Patra Gumala membuat peserta yang terdiri dari mahasiswa Sastra Inggris FIB, sangat nyaman bahkan juga tidak sedikit gelak tawa tercipta dalam sesi tukar pengalaman dan pemamaran materi.

Mengambil ungkapan dari Socrates, seorang filsuf Yunani yang melegenda. “Kesedihan membuat akal terpana dan tidak berdaya. Jika anda tertimpa kesedihan, terimalah dia dengan keteguhan hati dan berdayakanlah akal untuk menambah ilmu dan mencari jalan keluar”. Relevan  ditengah wabah Covid 19 ini semua pasti merasa bersedih, namun kita harus tetap tegar dan mengejar banyak kemampuan untuk menjelang masa depan dengan optimis, salah satunya meningkatkan kemampuan Public Speaking.