Page Detail

Tergabung dalam Kelompok 110 KKN UNS, Mahasiswa Sastra Arab FIB UNS Ajari Siswa MI Muhammadiyah Gemolong Microsoft Word dan Google Document

Tergabung dalam Kelompok 110 KKN UNS, Mahasiswa Sastra Arab FIB UNS Ajari Siswa MI Muhammadiyah Gemolong Microsoft Word dan Google Document

Mahasiswa Program Studi Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) yang tergabung dalam Kelompok 110 Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNS tahun 2023, mereka membantu para siswa di MI Muhammadiyah Gemolong dalam menguasai perangkat komputer. Kegiatan ini sebagai wujud pelayanan secara nyata mahasiswa kepada masyarakat untuk membantu dalam menyelesaikan permasalahan sosial.

Akmal Hanif, selaku Ketua Kelompok 110, ditemui di sela kesibukan (20/09/2023) membeberkan kenapa memilih aspek pengejaran perangkat komputer, menurutnya di era modern saat ini kemampuan pengoperasian komputer harus ditingkatkan. “Zaman yang semakin maju menuntut kita untuk adaptif dengan kemampuan menggunakan perangkat komputer, berkaca dari peristiwa tersebut kami mengajari teman-teman (MI Muhammadiyah Gemolong) menguasai perangkat komputer terutama laptop serta software microsoft word dan google document” ungkapnya.

Program kerja ini dilaksanakan selama sepuluh hari (31 Juli-9 Agustus 2023) dengan sasaran siswa kelas empat hingga kelas enam. Derap antusias terekam dari para Siswa MI Muhammadiyah Gemolong dalam mengikuti pelatihan, karena bagi mereka pelatihan semacam ini merupakan hal yang baru. “Wah, asik mengikuti pelatihan ini, sulit tapi menyenangkan kami jadi bisa lebih mudeng (mengetahui) komputer”  M. Adit salah satu siswa MI Muhammadiyah Gemolong.

Selain mengajak MI Muhammadiyah Gemolong belajar komputer, Kelompok 110 juga turut membantu pengajaran mata pelajaran Bahasa Arab, Pendidikan Agama Islam, dan program kerja tambahan berupa sosialisasi anti bullying. Hendro Purnomo, selaku Kepala Madrasah memberikan sambutan positif dengan program-program yang telah di laksanakan oleh Kelompok 110. “Hadirnya mahasiswa ini sangat membantu pengajaran guru-guru dan menambah semangat siswa siswi, mengingat mahasiswa memiliki semangat dan inovasi yang tinggi” pungkasnya (GAR/Rensi)