Page Detail

Talkshow Sansekerta 2023 HMP FMS FIB UNS Bahas Aji Digdaya Sejarah

Talkshow Sansekerta 2023 HMP FMS FIB UNS Bahas Aji Digdaya Sejarah

Masyarakat akademik sepatutnya mengelar sebuah kegiatan yang memberikan pemaham lebih luas dalam aspek keilmuan, hal tersebutlah yang memacu Himpunan Mahasiswa Program Studi (prodi) (HMP) Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS), Forum Mahasiswa Sejarah (FMS), menginisiasi kegiatan Sasnsekerta. Sansekerta merupakan kegiatan rutin tahunan dari FMS, tahun ini puncak dari kegiatan ini FMS menggelar Talkshow bertajuk “Aji Digdaya Sejarah Sastra” pada Sabtu pagi (18/11/2023) di Ruang Seminar FIB UNS.

Menurut Narahubung Sansekerta 2023, Fauzan, mengatakan bahwa tujuan dari Talkshow ini adalah memberikan pemahan secara lebih kompleks perihal sejarah. Bersua melalui aplikasi Wahtsapp Fauzan menjelaskan pemilihan tema dimaksudkan memberikan pemahaman pada masyarakat akademik, bahwa sejarah memiliki kekuatan untuk mengukir masa depan dengan gemilang. “ Coba saya artikan pilihan diksinya, ‘aji’ dapat diartikan ‘rasa’ dan ‘digdaya’ adalah ‘kuat’, sehingga dapat disimpulkan rasa yang kuat dalam sejarah sastra atau power of historian.  Sejarah merupakan kontruksi masa lalu yang dapat dijadikan alat untuk membangun masa depan” tuturnya.

Kegiatan ini mengundang Dani Saptoni (Solo Societeit) dan Farco Siswiyanto Raharjo, S.Sos., M.Si. (Javanica Solo). Dani Saptoni dengan terperinci membahas tentang suatu gerakan sosial untuk membangkitkan sejarah, menurut Dani jika dalam suatu perkumpulan masyarakat belajar atau diskusi tentang sejarah, forum itu akan menjadi secercah cahaya bagi masyarakat menyalakan pemahaman tentang sejarah, cahaya tersebut akan menyengat banyak masyarakat yang lain.

Farco, Dosen Universitas Slamet Riyadi yang juga Koordinator Javanica Solo ini mengemas pembahasan tentang mitologi mitos di Jawa. Seksama Farco menarik relevansi yang logis terkait beberapa mitos di Jawa. Kegiatan ini ditutup dengan sesi tanya jawab yang kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama, Peserta Talkshow ini terdiri dari mahasiswa pordi ilmu sejarah dari dalam dan luar FIB UNS. (Gar/Rensi)