Page Detail

Siapkan Mahasiswa Menyongsong Dunia Kerja,  Prodi Sastra Inggris FIB UNS Gelar Kuliah Umum

Siapkan Mahasiswa Menyongsong Dunia Kerja, Prodi Sastra Inggris FIB UNS Gelar Kuliah Umum

Program Studi (prodi) Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya (FIB)  Universitas Sebelas Maret (UNS) kembali mengadakan Kuliah Umum, kali ini (03/12/2022) kegiatan yang diadakan di Ruang Sidang 1  Gedung I. Suharno FIB UNS mengusung tema Persiapan Memasuki Dunia Kerja. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Founder and Managing Director Periscope, Indonesia,  Sri Wahyu Wibawanto, S.S.. Peserta dalam kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Sastra Inggris FIB UNS semester lima.

Dr. Fitria Akhmerti Primasita, S.S., M.A., selaku Kepala Prodi Sastra Inggris FIB UNS, melalui sambutannya mengatakan bahwa Kuliah Umum kali ini memang dirancang oleh prodi, guna memberikan gambaran pada mahasiswa untuk meniti dunia kerja. “Topik yang akan dibahas ini diharapkan dapat mengubah mindset mahasiswa tentang dunia kerja sehingga mahasiswa tergerak untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja dengan mindset yang baru” paparnya.

Berupaya untuk merubah mindset yang tidak bisa instan prodi memilih mahasiswa semester lima. Alasan tersebut dipilih karena menilik proses studi mereka yang terbilang masih panjang. “Awalnya ingin kami mengajak  mahasiswa semester tujuh, namun setelah menilik kembali bahwa menanamkan sebuah konstruksi pemikiran tidak bisa instan, akhirnya kami memilih mahasiswa semester lima yang notabene secara pemikiran mereka sudah terbuka untuk menyongsong dunia kerja, lantas masa studi mereka terbilang masih cukup lama” terangnya.

Melalui pemaparan yang menarik Sri Wahyu Wibawanto dalam materinya beliau menyampaikan bahwa peserta harus menentukan kelanjutan karier  mereka sejak dini, ingin menjadi pegawai atau seorang wirausaha. “Jika ingin menjadi pegawai pekerjaan pertama sangat vital, pilihlah yang berkualitas jangan hanya asal kerja. Jika ingin menjadi wirausaha tentukan bidang usaha yang tepat sesuai segmentasi” paparnya.

Mampu berbahasa Inggris menjadi salah satu kriteria kunci yang wajib dikuasai oleh calon pegawai, selain itu dalam penyampaiannya Alumni Sastra Inggris 1988 ini juga menjabarkan beberapa karakter yang mesti dimiliki oleh calon pegawai dan wirausaha. “Sebagai calon pegawai kita mesti memiliki karakter sebagai berikut, passionate, berintegritas, cerdas emosi, minat belajar kuat, adaptif, kreatif, komunikatif, good team player, teliti dan detil. Nah, jika untuk calon wirausaha kalian perlu punya  karakter ini agar sukses membuka usaha, salah sataunya memiliki kemampuan teknis dan umum serta paham dasar ilmu manajemen.” Imbuh Sri Wahyu Wibawanto.

Kegiatan semacam ini perlu secara berkala dan komprehensif diadakan karena dapat menunjang lulusan yang lebih berkarakter, selain itu mahasiswa diberikan bekal untuk meniti dunia kerja. Penutup kegiatan ini mahasiswa diberi waktu menggali informasi sebanyak mungkin pada narasumber. (Rensi)