Page Detail

Senat Akademik FIB UNS Adakan Rapat Kerja Akhir Tahun 2022

Senat Akademik FIB UNS Adakan Rapat Kerja Akhir Tahun 2022

Menakar setiap peluang dan tantangan untuk memantapkan langkah agar lebih matang Senat Akademik (SA) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas  Sebelas Maret (UNS) mengadakan Rapat Kerja Akhir Tahun 2022 selama dua hari (02-03/12/2022) di Poncowati Ballroom, Patra Hotel & Convention, Semarang. Hadir dalam kegiatan ini Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. dan seluruh anggota SA FIB.

Ketua SA FIB, Prof. Drs. Riyadi Santosa, M.Ed., Ph.D, dalam sambutannya meminta bantuan yang ditujukan pada Rektor, untuk memberi arahan pada kinerja SA FIB agar tahun depan lebih baik. Prof. Jamal sigap memberikan beberapa arahan dengan menjabarkan materinya yang berjudul Strategi Pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri & Peran Senat Akademik Fakultas.

Pemaparan Prof. Jamal menyinggung tentang kesuksesan organ dan unit kerja UNS dalam mencapai target kinerjanya, bukan hanya sekedar diukur dari kesuksesannya memenuhi output kegiatan dan serapan anggaran saja, melainkan sukses menghasilkan keluaran yang secara nyata berdampak pada peningkatan kualitas kampus dalam menghasilkan SDM lulusan yang berdaya saing.

“Dalam kenyataanya tidaklah mudah bagi perguruan tinggi, termasuk UNS, untuk memenuhi target tahunan kinerja di setiap IKU yang telah ditetapkanya. Kuncinya dibutuhkan semangat sinergitas, kolaborasi, kerja keras, kerja ikhlas dan kerja tuntas seluruh pemangku pimpinan dan sivitas akademika UNS” terang Prof. Jamal.

Prof. Riyadi, juga mengupas secara gamblang tentang anggaran dan kegiatan SA FIB di tahun 2022 serta perencanaan anggaran di tahun 2023. Mengawali pemaparan dengan menjabarkan tentang fungsi dan tugas SA fakultas. “Tugas SA meliputi mengawasi penerapan ketentuan peraturan perundangan-undangan, norma etika akademik, kaidah keilmuan internal di bidang akademik, dan kode etik sivitas akademika di lingkungan fakultas, mengawasi pelaksanaan kebebas akademik,  memberikan masukan kepada pimpinan fakultas dalam penyusunan rencana strategis fakultas di bidang akademik, serta mengevaluasi pencapaian proses pendidikan, penelitian dan pengabdian” tuturnya.

Dekan FIB UNS, Prof. Dr. Warto, M.Hum. mempresentasikan capaian IKU FIB di tahun 2022, melalui pemaparannya disampaikan bahwa dari sepuluh IKU yang ditargetkan, FIB berhasil memenuhi delapan IKU antara lain IKU 2, IKU 3, IKU 4, IKU 6, IKU 7, IKU 8, IKU 9, dan IKU 10. Selain capaian IKU, Prof. Warto juga menyampaikan beberapa informasi penting yang saat ini sedang bergulir di FIB dan UNS. Menutup paparannya, Prof. Warto juga mengucapkan terima kasih kepada Senat Akademik FIB yang sebelumnya telah menyampaikan rekomendasi dan usulan kepada fakultas dalam upaya pencapaian IKU. Harapannya SAFIB dan eksekutif FIB dapat saling mendukung dan memberikan solusi terhadap permasalahan yang dialami fakultas dalam pencapaian target IKU. Pungkasan acara ditutup dengan diskusi di masing-masing komisi untuk membahas usulan kegiatan unggulan yang akan dilaksanakan di tahun 2023. (Rensi)