Page Detail

Senat Akademik FIB UNS Adakan Kegiatan Studi Banding dengan Senat FIB UGM

Senat Akademik FIB UNS Adakan Kegiatan Studi Banding dengan Senat FIB UGM

Senat Akademik Fakultas Ilmu Budaya (SAFIB) Universitas Sebelas Maret UNS, Surakarta melakukan studi banding dengan Senat Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Kegiatan ini pertama kali diusulkan oleh SAFIB UNS, kemudian ditanggapi dengan baik oleh Senat FIB UGM dengan memfasilitasi ruang untuk saling berdiskusi dan berbagi wawasan. Kegiatan ini berlangsung pada Rabu pagi (01/09/2021) melalui ruang virtual Zoom Meeting.

Diskusi berjalan cukup santai, kendati demikian tidak menghambat wawasan dan pengetahuan menjalankan tugas sebagai senat fakultas di lingkungan institusi PTNBH dengan maksimal. Kegiatan dibuka oleh sambutan hangat dari Ketua Senar FIB UGM, Prof. Dr. Heddy Shri Ahimsa Putra, M.A., M.Phil. Guru Besar ilmu Antropologi UGM itu menjabarkan dan mengenalkan segenap senator yang hadir.

Prof. Riyadi selaku Ketua Senat Akademik FIB UNS juga memberikan prakata dan harapan, bahwa terselenggaranya kegiatan ini dapat memberikan pandangan yang lebih tertata guna menjalankan tugas senat yaitu mengawasi dan evaluasi akademik. “Melalui kegiatan ini kami berusaha untuk ngangsu kawruh (mencari pengetahuan)” ungkapnya.

Dekan FIB UGM, Prof. Dr. Wening Udasmoro, M.Hum., D.E.A turut menuntun melalui pendapat bahwa tugas senat memastikan banyak hal, seperti aspek akademik, penelitian, kerjasama, sarpras, dan kenaikan pangkat. Selain itu Prof. Wening juga menjelaskan bahwa tugas senat adalah memantau dekanat bekerja dan memikirkan hajat hidup warganya.

“Progres diukur berdasarkan ketercapaian IKU. Menurut saya IKU hanya dampak atau konsekuensi, intinya melakukan pekerjaan harus terjaga dengan kualitas yang baik, dari hal tersebut IKU akan sendirinya tercapai. Alon-alon waton kelakon ada pepatah Jawa seperti itu, artinya bukan lemot (lambat) menurut saya artinya lebih mengerjakan sesuatu itu sedikit demi sedikit dan terstruktur perlahan semua akan terselesaikan dengan hasil yang maksimal” jelasnya.

Tanggapan lugas juga disampaikan oleh Prof. Riyadi bahwa setelah kegiatan studi banding ini, segera mungkin akan diadakan rapat pleno terkait pembahasan hubungan senat dan dekanat untuk meningkatkan kegiatan institusi sesuai dengan target IKU “Kami mengucapkan terima kasih sudah diterima dan difasilitasi dengan baik oleh FIB UGM, dari kegiatan ini kami sudah mendapat banyak bayangan terkait pengetahuan, kurikulum dan detail kegiatan” pungkasnya. (Rensi)