Page Detail

Seminar KALIBRASI 2024  Angkat Perbincangan Mengenai Sinergi Islami untuk Membangun Negeri

Seminar KALIBRASI 2024 Angkat Perbincangan Mengenai Sinergi Islami untuk Membangun Negeri

Setelah selesai dengan menggelar warna-warni perlombaan tingkat nasional, Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Syiar Kegiatan Islam (SKI) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui Kegiatan Lomba Inovatif Berdedikasi dan Seminar Islami (KALIBRASI) 2024 menggelar seminar dengan mengundang Ustadz Arif Wibowo, S.P., M.Pi., (Akademi Dakwah Indonesia), dan Ustadz Abdullah Rifqi, S.Pd. (Pengajar Ponpes As Surkati Salatiga) sebagai narasumber.

Seminar KALIBRASI 2024 ini diadakan pada Minggu (13/10/2024) pagi di Ruang 301 Gedung R.I Muljanto FIB UNS, dengan dipandu oleh Sami bin Nukman (Mahasiswa Program Studi Sastra Arab FIB UNS). Tema yang diangkat dalam kegiatan kali ini adalah Budayawan Masa Kini, Sinergi Islami untuk Membangun Preadaban Negeri.

Narasumber pertama, Ustadz Arif dalam materinya Muslim Indonesia: Jatidiri dan Toleransi berbicara tentang pendidikan Islam sebagai pilar pembangun peradaban. “Aspek Inner Dynamic peradaban Islam bermula dari kitab suci dan Sunnah Nabi, konsep iman dan ilmu merupakan suatu pendorong bagi kehidupan yang dinamis, konsep tersebut dirasa memberikan suatu manfaat bagi seluruh umat manusia” paparnya.

Arif juga menjabarkan tentang Islam mengenal konsep bahasa suci. “Lingua sacra, menarik kalimat dari Karen Amstriong saat menuliskan biografi Nabi Muhammad SAW, menyebut bahwa Islam mengenal konsep bahasa suci (bahasa Arab) berbeda dengan agama Yahudi. Bahasa yang pertam akali mengalami Islamisasi adalah bahasa Arab” imbuhnya.

Narasumber kedua, Ustadz Abdullah menjabarkan tentang suatu konsep kolaborasi Islam dan budaya dalam membangun harmoni sosial. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, pengumuman pemenenang lomba, dan ditutup dengan sesi foto bersama. Muhammad Naufal Kautsar Rizqy, selaku Ketua Pelaksana KALIBRASI 2024, berharap semua instrument kampus turut serta memberikan dukungan agar kegiatan ini dapat secara berkala terus diadakan. (Humas FIB)