News Detail

SEMANTIKS 2020. Membahas Dokumentasi Bahasa, Analisis Wacana, dan Penulisan Artikel Ilmiah

SEMANTIKS 2020. Membahas Dokumentasi Bahasa, Analisis Wacana, dan Penulisan Artikel Ilmiah

 

Program Studi S-2 Linguistik FIB UNS kembali menyelenggarakan seminar yang berjuluk Semantiks (Seminar Nasional Linguistik dan Sastra) yang diadakan pada Sabtu, (15/08/2020). Karena situasi yang berlangsung masih terpengaruh dari pandemi Covid 19, kegiatan seminar diadakan secara daring dengan menggunakan platform Zoom. Secara lebih khusus, Semantiks diadakan untuk menambah wawasan linguistik para mahasiswa S-2 Linguistik dan para linguis yang mengikuti kegiatan ini perihal dokumentasi bahasa, analisis wacana, dan penulisan artikel ilmiah untuk jurnal internasional.

“Topik yang diambil dalam Semantiks memang merujuk pada topik yang belum pernah dibahas sebelumnya. Contohnya tahun kemarin menggambil pembahasan tentang lingusitik forensik. Nah, tahun ini Semantiks menggambil pembahasan tentang dokumentasi bahasa. Topik ini perlu dikenalkan kepada mahasiswa S-2 dan linguis pada umumnya, sehingga menarik minat bagi mereka” papar Dr. Miftah Nugroho, M.Hum, panitia Semantiks 2020

Tujuan lain dari kegiatan Semantiks untuk mempertemukan peminat-peminat bahasa, sastra, dan terjemahan guna berbagai temuan-temuan penelitian dan perkembangan ilmu pengetahuan. Tujuan lain berikutnya adalah untuk membangkitkan gairah kegiatan keilmuan di bidang bahasa, sastra, dan terjemahan dalam satu forum diskusi ilmiah. Berdasarkan tujuan-tujuan di atas, kegitan Semantiks diharapkan tidak hanya diiikuti oleh mahasiswa yang belajar bahasa, namun juga dapat diikuti oleh para dosen, guru, peneliti bahasa, pengamat bahasa, dan pemegang kebijaksanaan bidang kebahasaan, sastra, dan kebudayaan.

Adapun materi yang dipaparkan oleh narasumber dalam Semantiks 2020 adalah. Yanti, Ph.D membahas tentang Ancaman Kepunahan Bahasa dan Upaya Mendukung Dokumentasi Bahasa-bahasa di Indonesia,  Dr. Luh Anik Mayani  dengan materi Dinamika Wacana Juru Bicara Penanganan Covid-19:  Analisis Kata Kunci dan Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum menjelaskan Strategi Menulis Publikasi Ilmiah Buku Artikel Jurnal Nasional dan Internasional Bidang Linguistik.

           

 Banyak bahasa saat ini yang terancam kepunahan, dalam Semantiks 2020 Yanti menekankan bahwa pendokumenan bahasa sangatlah penting. “Pendokumenan bahasa itu merupakan keadilan sosial, karena bahasa bukan hanya alat komunikasi . Bahasa merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari intelektualitas, budaya dan identitas manusia. Indonesia sendiri adalah Negara ke-2 dengan bahasa terbanyak di dunia, banyak bahasa dengan penutur yang sedikit terancam kepunahan” Jelasnya.

            Peserta Semantiks 2020 terdiri dari 92 pemakalah dan 11 non pemakalah. Mengingat peserta tidak hanya dari kalangan mahasiswa S-2 Lingustik, Semantik 2020 diharap mampu bergema di luar kampus. Temuan-temuan dan kebaharuan diharapkan menjadi masukan yang berharga bagi perkembangan ilmu dan penentu kebijakan. Dari kegiatan ini diharapkan muncul gagasan-gagasan baru, kerja sama penelitian, forum diskusi bidang-bidang lain yang lebih khusus.

 

Narasumber Semantiks 2020

 

1. Yanti, Ph.D (Unika Atma Jaya Jakarta)

2. Dr. Luh Anik Mayani, M.Hum. (SEMEO QITEP IN LANGUAGE)

3. Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum. (Universitas Sebelas Maret)

 

Moderator:

Dr. Ida Kusuma Dewi, S.S.,M.A.