Page Detail

Sehari Merajut Kerja Sama dengan Xihua University,  FIB UNS Menuju Program Double Degree

Sehari Merajut Kerja Sama dengan Xihua University, FIB UNS Menuju Program Double Degree

 

Berpayung langit yang teduh pada Senin pagi (13/03/2023) di Ruang Sidang 2 Gedung dr. Prakosa Kantor Pusat Universitas Sebelas Maret (UNS), menjadi saksi penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS dan Fakultas Sastra dan Jurnalistik Xihua University. Seremonial PKS ini disaksikan juga oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, M.Hum., dan Rektor Xihua University, Prof. LIU Shugen adapun tujuan kerja sama antara kedua fakultas untuk saling mendukung dan memfasilitasi program double degree.

Kegiatan PKS ini juga bebarengan dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman dalam bidang International Joint Scientific Research, antara UNS dan Xihua University. Prof. Jamal berharap dari kerja sama yang terjalin ini akan menciptakan berkat bagi kedua universitas. “Perguruan tinggi modern adalah penguruan tinggi yang terbuka menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri. Melalui PKS ini diharapkan kita bisa kolaborasi untuk melakukan penelitian dan seminar lintas negara, karena orientasi kita jelas yaitu universitas tingkat dunia” paparnya.

Sementara itu Prof. LIU Shugen dalam sambutannya menyatakan terima kasih karena telah diterima dengan baik oleh UNS. Beliau berharap melalui kerja sama ini akan membuahkan banyak hal untuk kemajuan bidang Pendidikan internasional. “UNS adalah universitas pertama diluar China yang menjalin kerja sama dengan kami (Xihua University). Harapannya melalui kerja sama ini dapat menghasilkan banyak hal untuk kemajuan bersama” tuturnya.

Rampung dari kegiatan Seremonial Penandatanganan tersebut rencananya rombongan dari Xihua University akan berkunjung ke FIB UNS, mengetahui bersama bahwa dari kerja sama keduanya FIB UNS melahirkan Program Studi (prodi) Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok (BMKT). Melalui Prodi BMKT inilah PKS kedua universitas tersebut berjalan secara substantif, tersirat jelas dalam PKS bahwa kedua belah pihak ingin mengoptimalkan program double degree.

 

 

Sambut Rektor Xihua University

Masih dihari yang sama, alunan musik tradisonal Jawa yang dihasilkan dari lantunan pesinden seolah memberikan ucapan selamat datang pada rombongan dari Xihua Unversity, hadir di Ruang Seminar FIB UNS antara lain Rektor Xihua University, Prof. LIU Shugen, Dekan Fakultas Sastra dan Jurnalistik Xihua University, Prof. PAN Shuxian, serta beberapa delegasi lainnya.

Penyambutan Rektor Xihua University ini memberi kelegaan tersendiri pada Dekan FIB UNS, Prof. Warto, pasalnya beberapa waktu yang lalu silaturahmi harus tertunda karena temaramnya Pandemi Covid-19, saat ini keduanya bisa bersua untuk menciptakan terobosan baru tentang kemajuan bahasa, sastra, jurnalistik, dan sinologi di FIB UNS melalui naungan kerja sama program double degree.

Prof. Warto dalam sambutannya menyinggung tentang harapan besar mewujudkan internasionalisasi kedua universitas. “Kerja sama ini diharapkan dapat memacu upaya dalam melakukan lompatan jauh ke depan untuk mewujudkan internasionalisasi kedua universitas. Melalui program double degree diharapkan dapat meningkatkan kompetisi kedua universitas di panggung dunia” ungkapnya.

Dihantar oleh sajian tari Gatotkaca Gandrung yang ditarikan oleh Mahasiswa Prodi Sastra Daerah FIB UNS, Prof. PAN Shuxian sebagai pengampu dalam Kuliah Tamu bertajuk Merajut Simpul Prestasi Bersama Program Studi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok mengawali pemaparan dengan menjelaskan profil atau seluk beluk dari Fakultas Sastra dan Jurnalistik Xihua University.

Fakultas Sastra dan Jurnalistik Xihua University telah berusia sekitar 50 tahun dan punya sejarah panjang. Ada berbagai jurusan dan jenjang di fakultas ini. Tim pengajarnya pun profesional dan kompeten di bidangnya. Kami juga telah melakukan publikasi ratusan jurnal dan mengerjakan berbagai proyek dari pihak eksternal, termasuk dengan Pemerintah Provinsi Sichuan, Cina. Berbagai fasilitas pengajaran dan pendukungnya juga sangat kami perhatikan” jelas Prof. PAN Shuxian.

Epilog dari rangkaian kegiatan ini bisa tersimpul melalui pertanyaan salah satau mahasiswa, Natasya Aurora Putri Jaya, antusiasnya merujuk pada pertanyaan bagaimana cara agar bisa memperoleh double degree. Secara sistemastis dan tidak terburu-buru Prof. PAN Shuxian memberikan jawaban. “Program ini akan dimulai tahun depan bertepatan dua tahun berdirinya Prodi BMKT FIB UNS, dua puluh mahasiswa terbaik dari sini (FIB UNS) akan kuliah di Xihua University dan hidup di sana, lulus dari program tersebut mereka akan memperoleh dua gelar” ungkap Prof. PAN Shuxian.

Dr. Antony Hardi, S.Kom., M.TCSOL, Dosen Prodi BMKT FIB UNS yang juga menjadi translator dalam kegiatan tersebut juga memberikan tips singkat agar lolos studi di Xihua University, salah satu caranya mahasiswa dituntut untuk lebih sering menggunakan bahasa Mandarin. “Bahasa Mandarin itu susah, ada banyak persyaratan misalnya intonasi penekanannya harus sesuai, pelafalannya harus benar, jadi perlu dibiasakan. Kalau misal memang berhasil kesana, tapi cara ngomong saja salah lantas bagaimana menjalani hidup di negeri Tirai Bambu tersebut” tutupnya. (Gar/Rensi)