Page Detail

SAPA Sambut Hangat Maru Prodi Sastra Arab FIB UNS

SAPA Sambut Hangat Maru Prodi Sastra Arab FIB UNS

Program Studi (prodi) Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) menyapa mahasiswa baru (maru) melalui kegiatan Sastra Arab Performing Art (SAPA) 2022 pada Minggu petang (02/10/2022), kegiatan yang dilaksanakan di Ruang 301 Lantai 3 Gedung R.I. Muljanto FIB UNS ini bertujuan untuk menciptakan keakraban antar mahasiswa lintas angkatan, serta menumbuhkan aspek kreatifitas mereka dalam mementaskan suatu seni pertunjukan.

SAPA tahun ini mengambil tema Gemercik Karya Bangkit Asa. Mengambil pendapat yang diutarakan oleh Afnan Arummi, SHI., MA. (Dosen Prodi Sastra Arab FIB UNS) bahwa melalui kegiatan ini diharapkan dapat menyiram segala dahaga pada kehangatan saling sapa dan sosialisasi. “Saya berharap dengan adanya SAPA tahun ini dapat membangkitkan semangat dan harapan keluarga Sastra Arab FIB UNS, setelah mengalami masa yang sulit selama pandemi. Harapannya dengan adanya kegiatan ini juga dapat mempererat tali silaturahmi antar angkatan di Sastra Arab dan juga alumni” tuturnya.

Penampil awal sebagai penggugah suasana, SAPA menempatkan kelompok tetater kebanggaan Sastra Arab, Teater Oase, untuk pembuka gelaran pentas seni dengan monolog. Rampung sapa pembuka oleh pembawa acara, Tari Ratoh Jaroe yang ditarikan mahasiswa Prodi Sastra Arab FIB UNS dengan sangat luwes dan rapi dapat menggugah antusias para penonton, yang terdiri dari 150 orang mahasiswa Prodi Sastra Arab FIB UNS lintas angkatan dan dosen.

Mengalirnya SAPA menjadi saksi ketika maru yang sudah dibagi menjadi beberapa kelompok, menumpahkan daya kreatifitas mereka melalui pentas seni berupa teater, musikalisasi puisi, membaca puisi, musik akustik, dan perkusi. Selain maru, mahasiswa Sastra Arab angakatan 2019, 2020, dan 2021 juga turut terjun mementaskan teater. (Rensi)