Page Detail

Riset Grup Filologi Melayu FIB UNS Akan Mengadakan Konferensi Internasional

Riset Grup Filologi Melayu FIB UNS Akan Mengadakan Konferensi Internasional

Riset Grup Filologi Melayu Program Studi (Prodi) Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan mengadakan konferensi internasional. Kegiatan ini rencananya akan berlangsung pada Kamis pagi (21/10/2021) secara daring melalui ruang virtual Zoom Meeting. Kegiatan ini bertajuk the International Conference on Nusantara Cultural Studies mengangkat topik kebudayaan di nusantara. Konferensi ini mengundang enam pembicara utama yang berasal dari enam negara.

Ke-enam pembicara tersebut adalah Prof. Paul Edwin Wieringa dari University of Cologne, Jerman, Prof. Awang Azman Awang Pawi dari University of Malaya, Malaysia, Ampuan Haji Brahim dari Universiti Brunei Darussalam, Brunei, Dr. Djusmalinar dari Prince Songkla University, Thailand, Prof. Bani Sudardi dari Universitas Sebelas Maret, dan Dr. Nguyen Thanh Tuan dari Vietnam National University.

Kegiatan yang  diketuai oleh Prof. Dr. Bani Sudardi, Guru Besar Bidang Kajian Budaya UNS ini mengusung tema nusantara yang mencakup wilayah-wilayah di Asia Tenggara.

“Wilayah nusantara ini meliputi Indonesia, Malaysia, Brunei, Filipina, dan Thailand. Topik kajian ini mengkaji tentang kebudayaan nusantara berdasarkan naskah-naskah kuno. Diharapkan konferensi ini dapat menghasilkan artikel-artikel yang bisa dipublikasikan ke dalam jurnal bereputasi internasional atau diterbitkan dalam bentuk prosiding yang terindeks oleh lembaga-lembaga pengindeks bereputasi,” ungkap Prof. Bani pada Senin (6/9/2021).

Selain menghadirkan pembicara utama, konferensi ini juga membuka kesempatan bagi akademisi, peneliti, dan mahasiswa untuk mempresentasikan makalah mereka. Subtema yang diusung dalam kegiatan ini adalah kajian naskah nusantara, kajian sastra nusantara, kajian nusantara kontemporer, kajian sosial nusantara, kajian kebudayaan nusantara, dan kajian bahasa nusantara.

Bagi peserta dan calon pemakalah yang hendak mengirimkan makalahnya atau mengikuti konferensi, dapat mendaftar melalui bit.ly/register-ICNCS, dengan batas akhir pengiriman makalah hingga 28 September 2021. Lalu, bagi pemakalah yang lolos akan diumumkan pada 30 September, sedangkan pengiriman makalah lengkap serta pembayaran hingga 10 Oktober 2021. (Rensi)