Page Detail

Riset Grup Filologi Melayu FIB UNS Adakan Kuliah Pakar  Bertajuk Budaya Melayu Dan Integritas Bangsa

Riset Grup Filologi Melayu FIB UNS Adakan Kuliah Pakar Bertajuk Budaya Melayu Dan Integritas Bangsa

Mengapresiasi kebudayaan Melayu yang mengambil peran penting dalam membangun bangsa Indonesia, Riset Grup Filologi Melayu Program Studi (prodi) Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (UNS) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan Kuliah Pakar Kebudayaan Melayu pada Senin tengah hari (27/06/2022) secara daring memalui aplikasi Zoom Meeting. Prof. Dr. Bani Sudardi, M.Hum. (UNS), Dr. Mhd Halkis (Universitas Pertahanan Republik Indonesia), dan Dr. Tri Tarwiyani (Universitas Riau Kepulauan, Batam) diundang sebagai narasumber dalam kegiatan kali ini.

Kuliah pakar tersebut merupakan tindak lanjut dari program visiting profesor yang dikoordinir Universitas Muhammadiyah Malang pekan yang lalu. Sebagai pembicara pertama Dr. Mhd Halkis membahas tentang kajian budaya dan integritas bangsa. Prof. Bani sebagai pembicara kedua mengulik tentang Melayu sebagai kebudayaan dan persebaran orang Melayu.

Ditambahkan juga oleh Guru Besar Prodi Sastra Indonesia FIB UNS ini, bahwa Melayu memberikan banyak sumbangan yang berdampak bagi peradaban Nusantara. “Melayu memberikan beberapa bentuk sumbangan, pertama adalah bahasa yang menjadi pemersatu dan alat komunikasi, tingkah laku, dan agama Islam” papar Prof. Bani.

Prof. Bani juga menyinggung tentang filsafat Melayu memberi sumbangan besar dalam perjuangan bangsa-bangsa di nusantara dalam mengusir penjajah seperti pepatah "lebih baik mati berkalang tanah daripada hidup dijajah". Sebagai narasumber terakhir Dr. Tri Tarwiyani  membahas tentang nilai-nilai filsafat hidup budaya Melayu yang sudah menjadi suatu kearifan lokal yang terwujud dalam bentuk pantun, gurindam, maupun nyanyian serta bentuk-bentuk lainnya. Kegiatan yang dimoderatori oleh Prof Dr. Istadiyantha M.S. ini dihadiri oleh lebih dari 100 orang peserta dari dalam dan luar negeri. (Rensi)