Page Detail

Reza Sukma Nugraha, M.Hum, Dosen Sastra Arab FIB UNS Usung Budaya Digital Sebagai Narasumber Webinar Kominfo

Reza Sukma Nugraha, M.Hum, Dosen Sastra Arab FIB UNS Usung Budaya Digital Sebagai Narasumber Webinar Kominfo

Dosen Program Studi (Prodi) Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS, Reza Sukma Nugraha, M.Hum kembali diundang untuk menjadi narasumber dalam webinar yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bertajuk Gerakan Nasional Literasi Digital pada Rabu (15/09/2021) melalui Zoom Meeting. Dosen mata kuliah Multimedia Arab ini memaparkan beberapa materi bertema tentang budaya digital.

Reza menjelaskan materinya yang berjudul Menjadi Pelopor Masyarakat Digital dengan menarik, selain memanjakan para peserta dengan pembawaannya, diharap intisari materi juga dapat diserap dengan seksama. Slides presentasi yang menarik menjadi pendukung dan menambah kesan mewah pemaparan awal Reza, yang menjabarkan tentang hasil survey jumlah masyarakat, koneksi dan aplikasi media sosial.

Ada tiga poin penting yang digaris bawahi Reza dalam materinya. Sebagai masyarakat yang tanggap digital, wajib memegang poin berikut agar cakap dan baik berselancar dalam dunia maya. Pertama cakap, kedua produktif, dan yang terakhir tanggung jawab. “Cakap mengarah pada kemmapuan seseorang mengoperasikan dan mengolah perangkat digital, sisi produktif menuntut creator  agar konstan pada lahirnya konten yang menarik dan mendidik, pada akhirnya semua wajib bertanggung jawab pada karya yang dilahirkan” jelasnya.

Kegiatan rutin Kominfo ini dilakukan secara ruting pada setiap minggunya, adapun tujuannya agar masyarakat Indonesia semakin cakap akan dunia digital. Selain Dosen Sastra Arab FIB UNS ini, ada beberapa narasumber yang diundang. Misalnya, Tauchid Komara Yudha, S.Sos., MDP (Dosen UGM), Sugiyono, M.IP (akademisi, pemerhati pendidikan, sosial, dan keagamaan), dan Daniel J. Madagie (professional digital teknologi). (Rensi)