Page Detail

Reuni Keluarga Alumni Prodi Sastra Indonesia (Kasindo), FIB UNS,  Adakan Jagongan Tentang Berkarier

Reuni Keluarga Alumni Prodi Sastra Indonesia (Kasindo), FIB UNS, Adakan Jagongan Tentang Berkarier

Keluarga Alumni Prodi Sastra Indonesia (Kasindo), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Sebelas Maret (UNS), mengadakan acara reuni secara daring melalui platform Zoom Meeting pada Sabtu malam (24/07/2021) dengan tajuk Silaturahmi Alumni Sastra Indonesia Temu Alumni Memperkuat Koneksi. Kegiatan ini dikemas dengan format yang luwes dan santai layaknya  jagongan  dengan mengundang beberapa alumni sebagai narasumber. Adapun narasumber yang diundang adalah Kolonel Laut Drs. Paseh Mawardi, Dr. Ganjar Harimansyah Wijaya, dan Imam Abdul Rofiq, S.S, dengan moderator Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.

Kegiatan yang dipandu oleh Dr. Wiwik Yulianti, M.Hum ini adalah suatu upaya menyatukan kembali semangat kebersamaan, memberikan wawasan, dan koneksi. “Acara ini kami adakan kembali setelah kita lama tidak bersua, terlebih lagi dalam masa pasungan pandemi Covid-19, tujuannya memang menghidupkan kembali semangat kebersamaan bagi kita para alumni, dan yang paling penting memberikan wawasan, referensi, juga koneksi” ungkap hari Harry Sulistyo S.S., M.A (koordinator kegiatan).

Pembahasan ketiga narasumber menitikberatkan pada potensi lulusan Prodi Sastra Indonesia. Drs. Paseh membagikan wawasan bergulat dalam bidang usaha pembibitan jati dengan metode stek, Dr. Ganjar yang juga alumni Sastra Indonesia 2003 bercerita tentang perjalanan kariernya sebagai Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah, narasumber terakhir yang akrab disapa Opiq itu menjabarkan sepak terjangnya yang kemilau sebagai seorang profesional di berbagai event ekonomi kreatif dan pariwisata di tanah kelahirannya, Temanggung.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 89 peserta terdiri dari mahasiswa Sastra Indonesia dan para alumni ini. Mengerucut pada empat kesimpulan, pertama para alumni yang bekerja baik pada bidang linear maupun non-linear tetap memiliki peran yang penting untuk almamater berkaitan dengan tracer studies. Kedua, apapun profesi yang dijalani oleh para alumni, profesionalisme adalah kata kunci yang perlu untuk ditekankan. Ketiga, kehadiran alumni dalam acara diskusi yang melibatkan para mahasiswa dan alumni muda, diharapkan dapat membukakan pemikiran mereka, bahwa berkarier bisa dalam bidang apapun. Keempat, sebagai bentuk program organisasi, acara setipe akan dilaksanakan secara rutin pada tiap akhir bulan. (Rensi)