Page Detail

Rayakan Hari Jadi ke-1 Prodi BMKT FIB UNS Launching Jurnal “Sinolingua”

Rayakan Hari Jadi ke-1 Prodi BMKT FIB UNS Launching Jurnal “Sinolingua”

Genap satu tahun berdirinya Program Studi (prodi) Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok (BMKT) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) pada Selasa pagi (21/03/2023) gelar perayaan dengan meluncurkan jurnal akademik bertajuk Sinolingua. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Seminar Gedung I. Suharno FIB UNS dengan dihadiri seluruh dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa BMKT FIB UNS.

 Kepala Prodi BMKT FIB UNS, Dr. M. Bagus Sekar Alam, S.S., M.Si. dalam sambutannya mengatakan bahwa peringatan ulang tahun ke-1 ini sebagai pemacu lebih lagi untuk menghasilkan mahasiswa yang siap menghadapi tantangan. “Menyadari bahwa kedepan zaman semakin dinamis, dari sana kita wajib gotong royong untuk meramu kurikulum yang adaptif dengan tantangan dalam dunia kerja” ungkapnya.

Dr. M. Bagus juga menambahkan beberapa keunggulan dari Prodi BMKT FIB UNS. “Salah satu yang menjadi keunggulan dari prodi kita memiliki program double degree yang memungkinkan mahasiswa untuk berkuliah di Tiongkok dan memperoleh gelar ganda, selain itu kita juga belajar atau mengkaji tentang kebudayaan. Prodi BMKT FIB UNS sendiri memiliki tiga peminatan yang nantinya menjadi bekal mahasiwa meniti karier, adapun peminatannya adalah bahasa Mandarin dan jurnalistik, bahasa Mandarin untuk pengajaran, serta sastra dan budaya Tiongkok” katanya.  

Rudiansyah, S.S., M.Hum. Dosen Prodi BMKT FIB UNS sekaligus inisiator jurnal Sinolingua mengatakan bahwa jurnal ini merupakan terobosan baru dari prodi dalam melakukan pengelolaan Jurnal, selain itu suatu angin segar dalam ilmu sinologi. Setelah melalui proses review dan editorial yang ketat tercatat sebanyak enam artikel sudah diterbitkan.  

Ruang lingkup penerbitan ada pada kajian dan penelitian mutakhir bidang bahasa, sastra, budaya, filologi, dan sejarah Tiongkok. Artikel jurnal merupakan hasil kajian dan penelitian yang bersumber dari studi literatur, penelitian lapangan, dan praktik terbaik literasi bahasa dan budaya Tiongkok. Setiap isi artikel mengandung informasi mutakhir dengan mengutamakan nilai-nilai keterbaruan, keaslian, dan kemanfaatan. Konten informasi jurnal ini bersifat open access di bawah lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa (CC BY-SA)” pungkas Rudiansyah. (Gar/Rensi)