Page Detail

Rangsang Ide Menulis Ilmiah, SSC FIB UNS Gelar Sekolah Kepenulisan

Rangsang Ide Menulis Ilmiah, SSC FIB UNS Gelar Sekolah Kepenulisan

 

Menciptakan kegiatan guna menambah daya kreativitas merupakan hal yang diperlukan oleh mahasiswa, berkaca dari hal tersebut Organisasi Kemahasiswaan (ormawa) Sarasati Community (SSC) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar kegiatan Sekolah Kepenulisan pada Sabtu (28/04/2024) di Ruang 104 Gedung R.I Muljanto FIB UNS.

Mengangkat tema Kiat Menulis Artikel Ilmiah: Dari Ide Hingga Publikasi Dosen Program Studi (prodi) Sastra Indonesia FIB UNS sekaligus pembimbing Program Kreatif Mahasiswa (PKM) UNS, Asep Yudha Wirajaya, S.S., M.A., diundang sebagai narasumber. Sekolah Kepenulisan ini diikuti oleh seluruh anggota dari Ormawa SSC FIB UNS.

Dalam pemaparannya, Asep Yudha menekankan bahwasannya ide dapat diperoleh dari mana saja. Bagaimana ide tersebut perlu diikat juga menjadi dasar bagi seseorang untuk menulis. Jika ide tersebut tidak diikat, maka selamanya ide hanya akan menjadi ide. “Ide itu dapat diperoleh dari manapun. Ketika ide itu terlintas, segera tuliskan. Setelah ditulis lalu endapkan dulu, baru kemudian tulis kembali,” tuturnya.

Asep Yudha. juga menambahkan materi mengenai pembuatan karya tulis ilmiah dari mulai struktur kepenulisan hingga referensi jurnal. Sekolah Kepenulisan bertujuan untuk memberi wadah bagi seluruh mahasiwa untuk mempelajari bagaimana proses menulis, mulai dari proses awal, pembentukan ide, proses penulisan, hingga publikasi artikel ilmiah. Kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab dan foto bersama, kegiatan semacam ini diharapkan kedepan lebih intens diadakan karena akan menambah wawasan mahasiswa dalam bidang kepenulisan artikel ilmiah. (Humas FIB)