Page Detail

Rangkaian PKKMB FIB UNS Tahun 2023

Rangkaian PKKMB FIB UNS Tahun 2023

Seberkas semangat membekas dalam benak masing-masing individu ketika mereka memulai hal baru dalam kehidupannya, terlebih lagi hal tersebut merupakan cita-citanya. Ungkapan tersebut bisa menjadi pengantar untuk para Mahasiswa Baru (Maru) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengikuti masa Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2023 selama tiga hari (21-23/08/2023).

Hari pertama Maru FIB UNS (Laskar Budaya Muda) mengikuti rangkaian kegiatan PKKMB universitas secara hybrid. Sejumlah 493 Laskar Budaya Muda dikumpulkan di tiga ruangan berbeda (Ruang 104, Ruang 301 Gedung R.I. Muljanto, dan Ruang Seminar  Gedung I. Suharno FIB UNS) namun disatufrekuensikan melalui aplikasi Zoom Meeting, mereka rapi dan kondusif mengikuti setiap materi yang disampaikan narasumber.

Lepas kegiatan yang bergulir di universitas hari kedua (23/08/2023) Laskar Budaya Muda menjalani PKKMB di fakultas. Dekan FIB UNS, Prof. Dr. Warto, M.Hum dalam sambutannya mengajak para Laskar Budaya Muda untuk rajin kuliah dan mengukir prestasi. Beliau juga memberi penekanan melalui pantun yang diujar bahwa FIB UNS merupakan tempat yang tepat untuk mereka menimba ilmu.

“Saya akan berpantun, inang-inang pergi ke pasar baru, beli jajan dan buah duku, selamat datang mahasiswa baru, inilah tempatmu menuntut ilmu” tutur Prof. Warto yang diiringi tepuk tangan dari para Laskar Budaya Muda.

Hari kedua ini Laskar Budaya juga dibekali dengan materi akademik misalnya, visi misi fakultas, sistem kredit semester, strategi belajar di perguruan tinggi, tata tertib kehidupan mahasiswa, wawasan almamater, pembekalan softskill, informasi layanan akademik, manajemen SIAKAD, serta informasi dari UPT. Perpustakaan UNS.

Pamungkasnya Laskar Budaya Muda diajak lebih dalam untuk mengenal Program Studi mereka masing-masing. Bekal pengetahuan tentang mengisi Kartu Rencana Studi, mata kuliah, dan profil lulusan juga disampaikan kepada para Laskar Budaya Muda, menyimpan bekal tersebut dalam benak pemahaman, kemudian mereka diajak untuk melihat lebih dalam Organisasi Kemahasiswaan FIB UNS. (Gar/Rensi)