Page Detail

Ramu Mahasiswa Cemerlang, FIB UNS adakan LKMM-TKD

Ramu Mahasiswa Cemerlang, FIB UNS adakan LKMM-TKD

Mencetak generasi cemerlang memerlukan persiapan dari tingkat dasar, layaknya sebuah emas yang harus ditempa untuk membuatnya cemerlang. Mengilhami hal tersebut Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universias Sebelas Maret (UNS) menggelar Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TKD) selama tiga hari, kegiatan yang berlangsung di Hotel Pondok Sari 1 Tawangmangu, Karanganyar ini diikuti oleh 30 Mahasiswa FIB UNS lintas program studi (prodi).

Dekan FIB UNS, Prof. Dr. Warto, M.Hum. dalam sambutanya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat. “Melalui LKMM TKD ini mahasiswa diharapkan dapat belajar banyak hal tentang keterampilan manajemen dan berorganisasi. Kita semua tahu bahwa jalan untuk meraih sukses itu sangat berliku, karenanya kita harus belajar dari berbagai aspek dan tidak diajarkan di dunia perkuliahan” tuturnya.

Senada dengan Prof. Warto, Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FIB UNS, Prof. Dr. Tri Wiratno, M.A. mengatakan bahwa melalui LKMM TKD ini para peserta akan diajak eksplorasi di ranah kemampuan managemen, perencanaan program, evaluasi gagasan, dan bekerja secara kelompok. Beliau juga menekankan bahwa belajar tidak hanya di bangku perkuliahan. “Mari kita berkaca dari sosok Adam Malik, beliau merupakan pribadi hebat yang ditempa dari pengalaman” imbuhnya.

Landasan kegiatan yang disampaikan oleh Drs. Tundjung Wahadi Sutirto, M.Si. mengajak para peserta untuk melipat gandakan motivasi mereka untuk menempuh kesuksesan. Kegiatan LKMM-TKD hari pertama (03/11/2023) ini para peserta disuntik beberapa pemahaman tentang orgarnisasi yang di sampaikan oleh Drs. Is. Hadri Utomo, M.S., dan dipungkasi oleh Bambang Ary Wibowo, S.H. yang menyampaikan materi tentang analisis kondisi lingkungan.

Sabtu pagi (04/11/2023) setelah senam pagi dan bersih diri, peserta langsung mendapatkan beberapa pembekalan yang migunani (berguna). Misalnya, materi tentang Latihan Merumuskan dan Menjabarkan Gagasan Awal yang disampaikan oleh Insiwi Febriary Setiasih, S.S., M.A. kemudian Latihan Merumuskan Tolok Ukur Keberhasilan Program dijabarkan Drs. Tundjung, Drs. Is Hadri Utomo, MSi. berbagi pengetahuan terkait merumuskan faktor yang mempengaruhi keberhasilan program, dan penutup hari kedua peserta di ajak Latihan Membuat Surat Resmi oleh Dr. Henry Yustanto, MA.

Hari terkahir, peserta diberi kesempatan untuk melakukan eksperimen kerja sama tim. Dibagi menjadi beberapa tim, peserta dituntut untuk saling kerja sama dalam menyelesaikan pelbagai macam permainan. Sebagai penutup, kembali Tundjung memberikan wejangan bagi para peserta. “Bahwa sebagai pemuda dengan pemikiran kreatif, wajib berfikir untuk menambahkan kemajuan untuk dirinya sendiri dan organisasi, mengurangi segala sesuatu yang sekiranya menghambat, melipatgandakan segala persiapan yang baik untuk memperoleh hasil yang maksimal, dan berbagi gagasan yang baik untuk kemajuan bersama” pungkas Tundjung. (Gar/Rensi)