Page Detail

Ramu Kuliah Tamu Prodi Sastra Arab Ajak Mahasiswa Menimba Ilmu

Ramu Kuliah Tamu Prodi Sastra Arab Ajak Mahasiswa Menimba Ilmu

Program Studi (prodi) Sastra  Arab Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) berupaya memberikan pemahaman yang lebih kompleks tentang bahasa Arab dengan meramu kegiatan bertajuk Kuliah Tamu, kegiatan ini digelar pada Senin pagi (13/11/2023) di Ruang Seminar Gedung I. Suharno FIB UNS, tema dari Kuliah Tamu kali ini adalah Peningkatan Kualitas Bahasa Arab (Bidang Bahasa dan Penerjemahan, Sastra dan Budaya Arab) mengundang beberapa pakar dari dalam dan luar negeri.

Kepala Prodi Sastra Arab FIB UNS, Dr. Eva Farhah, S.S., M.A. dalam sambutannya mengajak para peserta yang terdiri dari Mahasiswa Prodi Sastra Arab FIB UNS semester awal, untuk menimba ilmu sebanyak mungkin dari para narasumber. “Mari bersama kita ikuti kegiatan ini  dengan sebaik mungkin. Kuliah Umum ini bagaikan sumur ilmu yang dapat kalian timba sebanyak mungkin secara gratis” ungkapnya.

Kuliah Tamu Prodi Sastra Arab FIB UNS kali ini mengundang tiga narasumber yang kompeten di bidangnya, narasumber pertama Prof. Dr. Sangidu, M.Hum (UGM), narasumber kedua Ass. Prof. Seman (UM, Malaysia) dan Prof. Dr. Ibnu Burdah, S.ag., M.A (UIN, Sunan Kalijaga). Prof. Sangidu sebagai narasumber pertama membuka kehangatan diskusi dengan menjelaskan tentang Kajian Kontemporer dalam Sastra Arab.

Guru Besar  Kampus Biru teresebut dengan seksama membahas tentang pengertian ilmu sastra dan monodisipliner. “Ilmu sastra adalah seluruh pedoman atau pengetahuan yang dapat membantu atau dimanfaatkan oleh pembelajar untuk memahami karya sastra, menikmatinya, dan menciptakannya. Monodisipliner merupakan strategi riset yang berfokus pada satu disiplin akademik untuk menyelesaikan masalah tertentu” papar Prof. Sangidu.

Langsung dari Negeri Jiran bersua melalui Zoom Meeting Prof. Seman memaparkan pembahasan tentang Kajian Kontemporer dalam Bahasa Arab. Pamungkas Prof. Ibnu membahas tentang budaya Arab, dalam materinya beliau menjelaskan tentang empat geokultar budaya Arab misalnya Arab Teluk, Arab Levant, Arab Aliran Nil dan Tandik Afrika, serta Arab Barat. Sesi tanya menjadi penutup dalam Kuliah Tamu kali ini, Alif Al Hilal S.S., M.A. (ketua panitia)  berharap kegiatan semacam ini rutin diadakan karena akan menambah daya pengetahuan bagi mahasiswa. (Gar/Rensi)