Page Detail

Prodi Sastra Indonesia FIB UNS  Bersama Forum Lingkar Pena Jawa Tengah Gelar Pelatihan Pembuatan Iklan Layanan Masyarakat

Prodi Sastra Indonesia FIB UNS Bersama Forum Lingkar Pena Jawa Tengah Gelar Pelatihan Pembuatan Iklan Layanan Masyarakat

Kerjasama dengan Forum Lingkar Pena (FLP) Jawa Tengah, Prodi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS gelar Pelatihan Pembuatan Iklan Layanan Masyarakat dalam Rangka Pencegahan Persebaran Covid-19, dengan menghadirkan Bayu Aji Prasetya, S.S (content creator dan alumnus Sastra Indonesia) pada Sabtu (14/08/2021) pukul 09.00 WIB. Kegiatan ini terlahir karena untuk memberikan informasi yang benar dan menarik, agar setiap kalangan mengerti pentingnya taat protokol kesehatan.

“Situasi pandemi sejak awal tahun 2020 sampai saat ini belum berakhir, di pertengahan 2021 yang lalu justru angkanya naik. Dibutuhkan kerja sama dengan semua elemen masyarakat agar persebarannya dapat dicegah, salah satunya dengan membuat iklan layanan masyarakat. Iklan layanan masyarakat (ILM) merupakan iklan yang digunakan untuk menyampaikan informasi persuasif atau mendidik khalayak yang bersifat sosial agar masyarakat sebagai audien dapat bertambah pengetahuannya, bertambah kesadaran dan sikapnya, serta berubah perilakunya agar mempunyai pandangan positif dan kehidupan lebih baik” Ungkap Rianna Wati, SS., MA. (Dosen Sastra Indonesia FIB sekaligus narahubung kegiatan).

Menurut Bayu pemerintah pusat sampai daerah memang telah melakukan berbagai kegiatan pencegahan, tapi kesadaran masyarakat perlu terus dipupuk dan dikembangkan agar menjadi pola hidup sehat terutama untuk 5 M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Namun demikian, perlu dibuat ajakan masif melalui iklan layanan masyarakat yang bisa disebar melalui media sosial atau kelompok masyarakat tertentu.

“Agar iklan layanan masyarakat tepat dan menggerakkan masyarakat, sentuhan kedaerahan atau kearifan lokal bisa menjadi salah satu alternatifnya. Untuk itu, kerja sama dengan komunitas yang ada di daerah akan sangat membantu tersampaikannya pesan tersebut dengan baik” ungkap Bayu.

Kegiatan yang disiarkan langsung melalui Zoom Meeting ini diikuti oleh mahasiswa prodi Sastra Indonesia dan anggota FLP Jawa Tengah. Hasil dari kegiatan ini berupa pamflet dan video pendek ILM tentang pencegahan persebaran Covid-19 dengan pendekatan kearifan lokal, yang akan diproduksi dan disebarkan oleh komunitas FLP di daerahnya. Harapannya, semakin banyak masyarakat yang teredukasi dan persebaran covid bisa dicegah. (Rensi)