Page Detail

Prodi Sastra Arab FIB UNS Implementasikan Nilai Pancasila Melalui Ceramah Dalam Pengabdian Masyarakat Mandiri

Prodi Sastra Arab FIB UNS Implementasikan Nilai Pancasila Melalui Ceramah Dalam Pengabdian Masyarakat Mandiri

Sebagai wujud penggenapan program Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Studi (prodi) Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan pengabdian masyarakat mandiri melalui ceramah agama. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari di masjid Raya Al-Falah, Sragen dengan mengusung tema Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Ceramah Agama. Ketua kegiatan, Tri Yanti Nurul Hidayati, S.S., M.A (Dosen Prodi Sastra Arab FIB UNS) menjelaskan terkait pemilihan tema tersebut karena wujud dari keresahan, perihal fenomena ceramah yang terkadang tidak menyinggung semua nilai sila Pancasila.

Dr. Eva Farhah, S.S., M.A., selaku Kepala Prodi Sastra Arab FIB UNS mengungkapkan bahwa ceramah agama dinilai efektif untuk memahamkan nilai-nilai Pancasila. “Ceramah merupakan momentum untuk mengumpulkan massa yang dengan khidmat mendengarkan isi ceramah. Melalui ceramah agama yang membahas tentang nilai-nilai Pancasila pada sila pertama sampai kelima, diharapkan masyarakat akan lebih memahami sehingga dapat mengimplementasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Pada akhirnya akan tumbuh masyarakat yang aman, damai, sentosa dan menurunkan bahkan menghilangkan angka kejahatan dalam sosial masyarakat” tuturnya.

Ceramah pertama dilakukan pada Kamis sore (29/09/2022) dengan Dr. Arifuddin, Lc., M.A. sebagai narasumber. Adapun tema materi yang disampaikan mengenai Membangun Akhlak Al-Qur’an Dalam Keluarga. Ceramah berikutnya oleh Abdul Malik, S.S., M.Hum sebagai narasumber pada Kamis (20/10/2022) dalam penyampaiannya beliau menjabarkan tentang Berpikir, Berahklak Mulia, dan Menebar Kebajikan. Pemilihan masjid Al-Falah sebagai lokasi untuk pengabdian masyarakat mandiri ini dikarenakan masjid Al-Falah merupakan salah satu masjid teladan di Kabupaten Sragen.

Antusiasme jamaah sangat tinggi terlihat pada sesi tanya jawab, banyak peserta yang bertanya hal-hal berkaitan dengan materi hingga melebihi waktu yang diberikan oleh panitia. Kegiatan seperti ini diharapkan oleh panitia Takmir Masjid Raya Al-Falah tidak hanya dalam jangka waktu pengabdian masyarakat saja, akan tetapi bisa dibingkai dengan kerjasama selanjutnya yang berkesinambungan. “Alhamdulillah melalui kegiatan ini kami dapat memahami banya hal. Kami harap Prodi Sastra Arab FIB UNS dapat bersinergi dengan kami (pihak masjid Al-Fatah) untuk memberikan pemahaman pada jamaah tentang nilai Pancasila” lugasnya. (Rensi)