Page Detail

Prodi S-3 Kajian Budaya FIB UNS  dan Prodi S-3 Kajian Budaya FIB UNUD  Gelar Seminar Kajian Budaya

Prodi S-3 Kajian Budaya FIB UNS dan Prodi S-3 Kajian Budaya FIB UNUD Gelar Seminar Kajian Budaya

Melalui kerja sama yang sudah terjalin antara Pogram Studi (prodi) S-3 Kajian Budaya Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) dengan Prodi S-3 Kajian Budaya FIB Universitas Udayana (UNUD) menggelar Seminar Kajian Budaya Seri-1 secara daring melalui platform Zoom Meeting pada Jumat (15/03/2024), Dr. Yusana Sasanti Dadtun, S.S., M.Hum (FIB UNS) dan Dr. I Wayan Nuriarta (FIB UNUD)  hadir sebagai narasumber dalam seminar ini.

Seminar Kajian Budaya Seri-1 ini mengangkat tema tentang Identitas dalam Komik Mahabarata dan Identitas Peminum Ciu di Surakarta¸ Kepala Prodi S-3 Kajian Budaya FIB UNS, Dra. Sri Kusumo Habsari, M.Hum., Ph.D., mengatakan bahawa seminar ini dapat digunakan mahasiswa sebagai kompas untuk mengetahui arah perkembangan kajian budaya di Indonesia.

“Ini acara bagus sebagai ruang bagi mahasiswa untuk bertukar pikiran tentang risetnya. Semoga acara berlanjut dan menjadi ajang untuk para dosen dan alumni anggota Asosiasi Kajian Budaya Indonesia (AKBI) untuk berbagi memajukan studi Kajian Budaya di Indonesia” ujar Sri Kusumo Habsari.

Dr. Yusana dalam materinya membahas tentang Ciu. “Melalui sejarah yang tercatat Ciu itu menjadi aset pajak yang cukup besar untuk pemerintah Kolonial pada masa itu. Peminum Ciu pada masa dulu itu muliau kaum bangsawan hingga masyarakat pada biasa” ungkapnya.

Narasumber terkahir Dr. I Wayan Nuriarta membahas tentang Artikulasi Identitas Indonesia dalam Komik Wayang Mahabarata. Seminar ini ditutup dengan harapan dari Ketua AKBI, Dr. Yuliawan Kasmahidayat, M.Si., agar kegiatan semacam ini dilakukan secara berkala karena melalui budaya kita dapat mengaungkan kehebatan bangsa. (Humas FIB)