Page Detail

Prodi S-2 Ilmu Linguistik FIB UNS Adakan Pelatihan Penulisan Proposal Ilmiah

Prodi S-2 Ilmu Linguistik FIB UNS Adakan Pelatihan Penulisan Proposal Ilmiah

Program Studi (prodi) S-2 Ilmu Linguistik Fakultas Ilmu Budaya (FIB) mengadakan Pelatihan Penulisan Proposal Ilmiah, secara luring di Ruang Seminar Gedung I. Suharno pada Senin pagi (04/07/2022), hadir sebagai narasumber Guru Besar dari Prodi Sastra Inggris FIB UNS, Prof. Dr. Djatmika, M.A. Sebanyak 50 peserta yang terdiri dari mahasiswa S-2 Ilmu Linguistik FIB lintas angkatan merapat menambah hangatnya pelatihan dan diskusi.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Tri Wiratno, M.A. dalam sambutanya beliau mengatakan bahwa melalui kegiatan ini mahasiswa dapat tercerahkan dalam mencari gagasan masalah untuk tesis. “Jika proposal ditulis dengan baik pelaksanaan penelitian akan lebih baik, dan kemudian menulis tesis menjadi lebih tertata pula. Jangan bingung memilih masalah, karena banyak sekali masalah bertaburan untuk ditangkap dan dituliskan menjadi karya” jelasnya

Dalam materi berjudul Menulis Proposal Prof. Djatmika memberikan statement bahwa menulis sebuah proposal itu gampang yang perlu diperhatikan adalah format, olah tata gramatika, dan pemilihan kosa kata wajib baik. Materi beliau juga menjabarkan tentang struktur teks, penulisan dan pemilihan judul, serta menulis abstrak. “Jadikan judul proposal kalian ini menjadi sebuah embrio untuk tesis, lantas tanamkan pemikaran bahwa tesis itu nikmat, dan ambil teori yang kalian sukai” paparnya.

Prof. Djatmika juga membahas beberapa judul proposal dari para peserta, saran dan pujian tidak lupa beliau utarakan. “Nah judul sudah terkumpul, besuk saya akan diskusi dengan bapak kepala prodi untuk mengadakan seminar proposal” gelak tawa mengakhiri pemaparan Prof. Djatmika (Rensi)