Page Detail

Prodi Ilmu Sejarah FIB UNS Gelar Webinar Bertajuk Khazanah Arsip Pasca Revolusi di Surakarta

Prodi Ilmu Sejarah FIB UNS Gelar Webinar Bertajuk Khazanah Arsip Pasca Revolusi di Surakarta

Program Studi (prodi) Ilmu Sejarah bersama Laboratorium Vorstenlanden Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar Webinar Sejarah bertajuk Khazanah Arsip Pasca Revolusi di Surakarta Tahun 1945-1949, kegiatan ini digelar secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting pada Senin (14/10/2024) siang dengan mengundang Dra. Kris Hapsari, M.Hum. (Arsiparis Madya Koordinator Tim Pengolahan Arsip Lembaga Negara).

Kegiatan yang dimoderatori oleh Insiwi Febriary Setiasih, S.S., M.A. (Dosen Prodi Ilmu Sejarah FIB UNS) ini merupakan agenda rutin dari Prodi Ilmu Sejarah FIB UNS, guna memberikan padangan yang lebih luas tentang ilmu Sejarah dari para pakar Sejarah di Indonesia. Ketua Prodi Ilmu Sejarah FIB UNS, Dr. Waskito Widi Wardojo, S.S, M.A., dalam sambutannya menghimbau untuk para peserta yang teridiri dari Mahasiswa Prodi Ilmu Sejarah FIB UNS untuk menimba pengetahuan dari narasumber sebanyak mungkin.

Kris Hapsari dalam materinya yang berjudul Surakarta dalam Khazanah Arsip pada Masa dan Pasca Revolusi Kemerdekaan menerangkan tentang isi arsip pada periode tahun 1945 sampai 1949. “Arsip periode 1945-1949 berisi tentang informasi tentang Surakarta yang ditemukan pada beberapa khazanah, informasi tentang peristiwa lepasnya status Daerah Istimewa Suarakarta,” paparnya.

Melalui materinya beliau juga menjelaskan arsip pasca revolusi kemerdekaan, di dalamnya ditemukan informasi yang terkait dengan swapraja. Kegiatan dihangatkan dengan sesi tanya jawab oleh mahasiswa kepada narasumber. Selain para mahasiswa kegiatan kali ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan perwakilan dari Migrant Care. (Humas FIB UNS)