Page Detail

Prodi Ilmu Sejarah FIB UNS Adakan Bedah Buku Biografi Marsekal Hadi Tjahjanto

Prodi Ilmu Sejarah FIB UNS Adakan Bedah Buku Biografi Marsekal Hadi Tjahjanto

Istilah buku adalah jendela dunia, diilhami oleh Program Studi (prodi) Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas sebelas Maret (UNS), menggelar bedah buku Merangkul Arus Perumbahan karya Eddy Suprapto secara hybrid pada Rabu pagi (08/12/2021). Buku ini berisi tentang biografi Marsekal Hadi Tjahjanto, sewaktu bertugas menjadi Panglima TNI Rebuplik Indonesia.

Selain Eddy Suprapto selaku penulis, Kolonel Wahyu Tjahjadi, adik kandung dari Marsekal Hadi, dan Prof. Warto, M. Hum, Dekan FIB hadir dalam forum ini sebagai narasumber.  

Dr. M. Bagus Sekar Alam, Dosen Prodi Ilmu Sejarah FIB sebagai moderator menuntun Eddy Suprapto menjabarkan isi serta maksud pada Merangkul Arus Perubahan.

"Suatu waktu beliau (Marsekal Hadi) menelfon saya untuk kembali meramu biografinya dalam sebuah buku, tanpa waktu lama saya segera menyetujuinya. Menurut saya dan mungkin ini dapat menjadi pemahan kita semua, dalam buku ini menyusun puzzle sejarah kemajuan bangsa" Tutur Eddy.

Kolonel Wahyu, juga bercerita tentang pribadi kakak kandungnya yang tegas dan gigih belajar. Selain hal tersebut dia juga menyinggung bahwa  tugas TNI saat ini adalah Operasi Militer Selain Perang (OMSP). "OMSP kami saat ini yang paling kentara adalah mengatasi pandemi covid" jelasnya.

Buku lebih elegan jika dibahas dari berbagai sudut pandang, "Merangkul Arus Perubahan" juga dibahas sesuai perspektif akademik oleh Prof. Warto. Menurut beliau, buku ini dapat merajut sifat tegas dan berintegritas. "Buku ini dikerjakan dengan serius oleh tim yg dekat dengan beliau. Menurut bukti empirik Pak Hadi hadir sebagai pemimpin yang sedikit bicara dan banyak kerja"

Buku ini bukan hanya berisi tentang biografi, namun didalamnya terdapat bukti-bukti sejarah keberhasilan perjuangan dan data detil bagaiman Marsekal Hadi meraihnya. Buku ini menyiratkan bahwa arus perubahan layaknya dirangkul dengan tegas dan memiliki integritas demi memajukan perdaban (Rensi).