Page Detail

Predikat A (Unggul) Diraih Prodi Sastra Inggris FIB UNS, Setelah Asesmen Lapangan (AL)  oleh BAN-PT

Predikat A (Unggul) Diraih Prodi Sastra Inggris FIB UNS, Setelah Asesmen Lapangan (AL) oleh BAN-PT

Senyum kegembiraan tersimpul dari program studi (prodi) Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya (FIB), UNS, pasalnya lewat rangkaian Asesmen Lapangan (AL) oleh BAN-PT, yang dilakukan pada Jumat, Sabtu (16,17/10/2020) berhasil meraih hasil A (unggul).  Hasil tersebut tertuang dalam  Surat Keputusan (SK) BAN-PT Nomor: 6723/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2020 Tentang Peringkat Akreditasi Program Studi Sastra Inggris pada Program Sarjana Universitas Sebelas Maret, Kota Surakarta yang ditandatangani langsung Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT, T. Basaruddin.

Adapun asesor yang ditunjuk oleh BAN-PT dalam AL daring ini adalah, Prof. Drs. Burhanudin Arafah., M.Hum., Ph.D dari Universitas Hasanudin (UNHAS) Makassar dan Dr. Adi Sutrisno, M.A dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Kepala prodi (kaprodi) Sastra Inggris, Dr. Fitria Akhmerti Primasita, S.S., M.A mengatakan, persiapan telah dilakukan sejak tahun 2018 dan adanya banyak pendampingan juga bimbingan dari berbagai pihak yang menjadi pendorong mendapatkan hasil maksimal.

“Waktu itu kami mengajukan agenda akreditasi pada tahun 2019, jadi persiapan sudah dilakukan sejak tahun 2018. Namun, pengajuan akreditasi terpaksa diundur dan baru dilakukan pada tahun ini. Selama proses akreditasi ini kami mengucapkan banyak terimakasih pada, Rektor Universitas Sebelas Maret; Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum beserta jajarannya, Dekan Fakultas Ilmu Budaya; Prof. Dr. Warto, M.Hum beserta jajarannya, Ketua LPPMP; Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd. beserta jajaran, termasuk Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum Korbid SPME yang secara intens mendampingi mulai simulasi sampai pelaksanaan dan beberapa pihak lain yang ikut serta mendorong kesuksesan prodi Sastra Inggris” terang Dr. Fitria.

 

Dr. Fitria juga menyebutkan ada sejumlah indikator penilaian dalam proses akreditasi. Indikator tersebut adalah visi-misi, tujuan dan strategi pencapaian tujuan, tata pamong, kepemimpinan, pengelolaan, jaminan mutu, mahasiswa dan lulusan, SDM, kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, pembiayaan, sarana dan prasarana (sarpras), sistem informasi, penelitian, pelayanan/ pengabdian kepada masyarakat, dan kerja sama.

 

Rasa syukur tidak dapat diungkapkan oleh Dr. Fitria, Ia berharap dengan predikat akreditasi A ini, mampu memacu semangat dan komitmen dosen dan tenaga kependidikan di Prodi Sastra Inggris, dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. “Merasa bersyukur dan perlu usaha yang lebih keras lagi. Harapannya, semoga bermanfaat bagi Prodi, dosen, mahasiswa dan alumni. Kami ingin mempertahankan peringkat akreditasi A dan menyiapkan untuk akreditasi internasional,” pungkasnya.