Page Detail

Potret Yngwie, Mahasiswa Sastra Indonesia  Semangat Ikuti Seleksi PILMAPRES Tingkat Fakultas

Potret Yngwie, Mahasiswa Sastra Indonesia Semangat Ikuti Seleksi PILMAPRES Tingkat Fakultas

Pagi yang jelita menambah semangat langkah kaki Viola Yngwie Oriordan, Mahasiswa Program Studi (prodi) Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) yang mengikuti seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES)  tingkat fakultas pada Rabu (11/05/2022). Yngwie membingkai tuturnya dengan kobar semangat, dia merasa bangga dapat menjadi salah satu mahasiswa yang mewakili prodi sebagai peserta PILMAPRES tingkat fakultas.

Dengan kerudung berwarna cream Yngwie lugas mempresentasikan materinya yang mengangkat aspek kebersihan air dan keadaan sanitasi di daerah Nusa Tenggara Timur (NTT), menurutnya tingkat kesadaran masyarakat untuk merawat lingkungan dinilai masih kurang maksimal. “Saya coba memberikan solusi melalui program Children Hygiene Sanitation and Education (CHASE). Mekanisme program CHASE berbicara tentang strategi peningkatan kualitas air bersih, sanitasi, dan kebersihan pada anak” tuturnya.

Seleksi PILMAPRES FIB dilakukan secara luring dan daring, adapun tahapannya meliputi pemaparan karya ilmiah dan kemampuan berbahasa Inggris. Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia ini merasa tertantang, walau ada bumbu tegang. “Ini kali pertama saya mengikuti PILMAPRES, rasa nervous (grogi) tetap ada. Saya optimis dan mencoba berusaha semaksimal mungkin” ungkap Yngwie.

Sebagai penggenap wawancara yang dilakukan melalui platform Whatsapp, Yngwie menularkan kunci menjadi mahasiswa yang aktif dan berprestasi adalah jangan takut untuk mencoba, mengambil kesempatan yang ada, serta runtuhkan batasan malas guna mempelajari pelbagai hal baru. “Jangan mudah menyerah karena Tuhan tidak akan membiarkan seorang pemenang merasa kalah” pungkasnya. (Rensi)