Page Detail

PKKMB Program Magister dan Doktor FIB UNS Gelar Kuliah Perdana Bertajuk Session Sharing dengan Alumni

PKKMB Program Magister dan Doktor FIB UNS Gelar Kuliah Perdana Bertajuk Session Sharing dengan Alumni

Dalam rangka  kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) program magister dan doktor, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar Kuliah Perdana pada Kamis tengah hari (15/09/2022) di ruang Sidang 1 Gedung I. Suharno FIB UNS. Kegiatan yang diikuti seluruh Mahasiswa Baru Program Studi S-2 Ilmu Linguistik dan S-3 Linguistik FIB UNS ini mengangkat tajuk Session Sharing dengan Alumni.

Dr. Dewi Kusumaningsih, M.Hum. (Dosen Universitas Veteran Bangun Nusantara) dan Dr. Dyah Nugrahani, M.Hum. (Dosen Universitas PGRI Semarang) diundang sebagai narasumber dalam kegiatan ini. Kepala Program Studi S-2 Ilmu Linguistik, Dr. F.X. Sawardi, M.Hum. dan Kepala Program Studi S-3 Linguistik Prof. Drs. M.R. Nababan. M.Ed., M.A., Ph.D., gayung bersambut dalam sambutannya mengatakan bahwa Kuliah Perdana ini bermanfaat memberikan tips sebagai mahasiswa pascasarjana.

Sebagai narasumber pertama Dr. Dewi Kusumaningsih membuka pemaparan tentang strategi penyelesaian studi, agar menjadi batu pijakan menuju lulusan yang laku di pasaran “Dalam menyelesaikan studi S-2 dan S-3 anda bisa memilih topik-topik penelitian yang dapat masuk ke semua jaman dan sasaran empuk dicari para peneliti lain. Ingat jangan asal memilih topik” tuturnya.

Dr. Dyah Nugrahani menyambung dengan menjelaskan tentang tips dan trik lulus kuliah tepat waktu melalui rumus SIAP. “SIAP itu singkatan dari Srawung (menjalin relasi), Independen, Adaptif, Porsi. Bersinerginya beberapa sikap tersebut, membuat kuliah terasa lebih ringan dan dapat selesai tepat waktu. Selain hal tersebut ada satu hal lagi yang tak kalah penting, yaitu jangan mudah gonta-ganti topik penelitian, hal seperti itu hanya akan membuang waktu percuma” ujarnya.

Kuliah Perdana ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, wujud apresiasi peserta terekam dari antusias mereka mengutarakan pengalaman dan berbagi cerita dengan narasumber. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat lulus tepat waktu, dan melahirkan beberapa hasil penelitian yang bermanfaat bagi khalayak umum. Acara ini diakhiri dengan berfoto bersama semua peserta kegiatan dan narasumber. (Rensi)