Page Detail

PKKMB FIB UNS 2022, Melaju Bersama Memajukan Peradaban

PKKMB FIB UNS 2022, Melaju Bersama Memajukan Peradaban

Derap langkah merekam semangat para mahasiswa baru (maru) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) dalam kegiatan Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2022 yang dilakukan selama tiga hari (13-15/08/2022). Selesai upacara penyambutan di Stadion UNS, kegiatan di lanjutakan di fakultas masing-masing. Dekan FIB UNS, Prof. Dr. Warto, M.Hum menyambut para Laskar Budaya Muda FIB tersebut dengan mengajak bersinergi memajukan peradaban.

Setelah dari stadion, maru mengikuti kegiatan PKKMB secara telekonferensi di fakultas, sebanyak 475 Laskar Budaya Muda FIB dibagi menjadi tiga ruangan untuk mendengarkan sambutan dari Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. disusul oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. Hari pertama PKKMB mahasiswa diajak kuliah umum yang diampu oleh  Jenderal TO I Dr. H. Moeldoko S.I.P dan H. Erick Thohir, B.A., M.B.A.

Hari kedua fakultas diberi kepercayaan penuh untuk meramu kegiatan PKKMB, ditandai dengan penyematan kartu peserta dan penerbangan balon (simbolisasi warna FIB, biru putih), peserta terlihat antusias menjelang pelbagai sesi kegiatan dari fakultas. Prof. Warto dalam sambutannya mengajak untuk bersama handarbeni (mempunyai rasa untuk memiliki bersama) memajukan peradaban. “Selamat datang dan terima kasih sudah mempercayai FIB UNS sebagai tempat belajar. Hari ini dan seterusnya kalian akan mengenal lebih jauh tentang budaya, yang di dalamnya terdapat bahasa, sastra, linguistik, dan sejarah. Mari kita bersama ikut memajukan FIB dan peradaban” tandasnya.

Pada hari yang sama, setelah apel penyambutan di halaman Gedung I. Suharno FIB UNS, Laskar Budaya Muda diajak untuk mendengarkan beberapa pemahaman dan pemaparan terkait visi misi fakultas, sistem kredit semester, strategi belajar, informasi layanan akademik, manajemen SIAKAD, manajemen kemahasiswaan, wawasan almamater, pembekalan softskill, dan tata tertib kehidupan mahasiswa.

Hari terakhir, maru dikondisikan untuk mendapat pengarahan dari masing-masing program studi. Sebelum penutupan PKKMB, Laskar Budaya Muda diajak untuk mengenal Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) yang berada di FIB UNS. Wakil Rektor Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S., menutup kegiatan dengan harapan, agar maru dapat menimba ilmu di UNS dan dapat dijadikan jembatan mereka menuju mimpi. (Rensi)