Page Detail

Peringati Dies Natalis ke-48 UNS, FIB adakan Ziarah Tokoh

Peringati Dies Natalis ke-48 UNS, FIB adakan Ziarah Tokoh

Kendati derai hujan lebat mengguyur sepanjang perajalanan menuju makam almarhum Dr. Suyatno Kartodirjo, Dekan Fakultas Sastra (kini Fakultas Ilmu Budaya(FIB)) Universitas Sebelas Maret (UNS) periode tahun 1983 – 1989, yang terletak di Dukuh Brambang, Desa Wonokerto, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen tidak menyurutkan rombongan peziarah yang dipimpin oleh Drs. Tundjung Wahadi Sutirto, M.Si. (Dosen Program Studi Ilmu Sejarah FIB UNS) dalam kegiatan Ziarah Tokoh FIB UNS pada Jumat lepas tengah hari (08/03/2024).

Kegiatan ini dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-48 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sebagai bentuk penghormatan kepada para dekan FIB UNS yang telah berpulang dan sekaligus untuk mengenang jasa-jasa mereka selama menjabat dekan. Ziarah diikuti oleh para dosen dan tenaga kependidikan serta perwakilan dari mahasiswa.

Menurut Tundjung, ziarah ini dapat dijadikan media untuk mengenang kembali kiprah Dr. Suyatno yang pada saat menjabat sebagai dekan memberikan keteladanan yang sangat baik dan penuh dedikasi. “Masih terpatri dalam ingatan saya beliau itu sangat disiplin baik secara akademik maupun dalam urusan kedinasan lainnya. Bahkan saat menjadi dosen dan menjabat dekan, dahulu beliau selalu naik sepeda onthel (sepada kumbang) dari rumah menuju kampus dan sebaliknya. Beliau hampir tidak pernah menggunakan kendaraan dinas. Padahal jarak rumah tinggal beliau di daerah Pajang relatif jauh. Tetapi, dalam urusan kegiatan di kampus selalu tepat waktu” jelasnya.

Dalam ziarah ini juga dihadiri istri dari Dr. Suyatno beserta keluarga, rasa terima kasih yang tidak terbendung diutarakan oleh beliau. “Terima kasih atas perhatian Sivitas Akademika FIB UNS yang masih memberikan penghormatan kepada Dr. Suyatno. Saya pribadi berharap FIB UNS dan UNS terus maju dan para sivitas akademikanya semakin mempunyai reputasi yang membanggakan” pungkasnya. (Humas FIB)