Page Detail

Perdalam Wawasan Pengelolaan PTN-BH, FIB UNS Laksanakan Benchmarking ke FIB UI

Perdalam Wawasan Pengelolaan PTN-BH, FIB UNS Laksanakan Benchmarking ke FIB UI

Sebagai PTN yang baru satu tahun mendapatkan status PTN-BH, Universitas Sebelas Maret (UNS) senantiasa berupaya mengoptimalkan performa dan mengevaluasi kinerja dalam pengelolaan PTN-BH. Sebagai bagian dari upaya tersebut, Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS beserta tim melaksanakan kegiatan benchmarking di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) Depok, pada Jumat (10/12/2021) kemarin.

Sebagai PTN yang telah menyandang status PTN-BH lebih awal, serta PTN dengan beragam prestasi, diantaranya subject Art and Humanities pertama dan satu-satunya di Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan Times Higher Education (THE WUR) By Subject, maka FIB UI dipilih sebagai tujuan benchmarking. Hal ini disampaikan Prof. Dr. Warto, M.Hum. dalam sambutannya pada kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh Dekan, Wakil Dekan, Kepala Program Studi, Unit Penjaminan Mutu, dan perwakilan Tenaga Kependidikan FIB UNS ini, dilakukan dengan konsep tanya jawab. Dr. Adrianus Laurens Gerung Waworuntu, S.S., M.A. selaku Dekan FIB UI menyampaikan tentang peran alumni terhadap kemajuan fakultas. “Alumni memiliki peran yang sangat besar terhadap kemajuan FIB UI, sumbangsih dilakukan baik melalui materi maupun pemikiran. Salah satu contoh adalah didirikannya monumen-monumen (Seni Instalasi) yang menginspirasi di area FIB UI, yang diberi nama sesuai dengan nama alumni yang berkontribusi” terangnya.

Reynaldo De Archellie, S.Hum., M.Si. selaku Manajer Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni menyampaikan program-program yang telah dilaksanakan dalam rangka perolehan capaian Indeks Kinerja Utama (IKU). “Laporan tracer study sengaja kami sematkan di website FIB UI, semua berhak membaca laporan tersebut. Mahasiswa atau alumni dapat membaca laporan tersebut, sehingga memotivasi untuk berupaya terbaik dalam membantu pencapaian IKU” ungkapnya.

Nurni Wahyu Wuryandari, M.Hum., Ph.D. selaku Manajer Pendidikan menjelaskan mengenai mekanisme jaminan mutu di FIB UI. “Proses penjaminan mutu sangat terbantu dengan penerapan standardisasi ISO 9001:2015 di bidang Akademik, sehingga pencarian data dapat dilakukan dengan cepat dan mudah” paparnya.

Salah satu peserta benchmarking, Eva Farhah, menyampaikan kesan positif selama melaksanakan kunjungan di FIB UI. “Kunjungan ke FIB UI itu menambahkan wawasan baru dalam berbagai aspek untuk menjadikan FIB UNS dapat menjadi seperti FIB UI. Artinya, semua unsur mahasiswa (BEM), tenaga pendidik, tenaga kependidikan, pemangku kebijakan dan alumni, sama-sama memiliki kesadaran yang utuh untuk memberikan perubahan-perubahan dan kebaruan-kebaruan yang sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman (minimal semua mendukung IKU). Oleh karena itu, bagi FIB UNS perlu mulai menata ulang, memperbaharui niat untuk mendukung kemajuan FIB dan UNS, dengan tetap menyesuaikan diri dengan kebijakan-kebijakan yang berlaku di dalamnya. Insyaallah FIB UNS dapat meneladani FIB UI, selanjutnya FIB UNS akan mengharumkan nama UNS dikancah nasional ataupun internasional” tandasnya.

Setelah melaksanakan kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi evaluasi bagi proses pengelolaan PTN-BH di FIB UNS, sehingga diperoleh cara yang tepat untuk meningkatkan performa FIB UNS. Selama kegiatan benchmarking ini seluruh peserta disiplin menjalankan protokol kesehatan. (TU/Rensi)