Page Detail

Menambah Wawasan Kebudayaan Antara Bangsa, FIB UNS dan APM UM, Malaysia  Gayung Bersambut Adakan Pertukaran Pelajar

Menambah Wawasan Kebudayaan Antara Bangsa, FIB UNS dan APM UM, Malaysia Gayung Bersambut Adakan Pertukaran Pelajar

Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS menyambut sebanyak 30 mahasiswa dari Akademi Pengkajian Melayu (APM), University of Malaya (UM), Malaysia, dalam rangka Program Pertukaran Pelajar. Pada Senin pagi (04/10/2021) Dekan FIB, Prof. Dr. Warto, M.Hum menyambut baik para mahasiwa APM dengan harapan kerja sama kedua fakultas dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan penelitian dibidang kebudayaan, kesenian, linguistik, sastra, dan filologi.

Prof. Madya Dr. Salinah Binti Ja'afar dalam sambutanya juga merasa sangat bangga mahasiswanya dapat menimba ilmu di UNS. “Budaya Malaysia dan Indonesia terdapat banyak kesamaan yang patut dikaji lebih mendalam. Ayo belajarlah baik-baik” lugasnya. 

Pertukaran pelajar APM UM di FIB UNS menurut agenda dilakukan selama tiga pekan (04-24/10/2021). Adapun mata kuliah yang diajakan antara lain, kebudayaan Indonesia, kebudayaan Jawa, digitalisasi naskah, sastra bandingan, fonologi bahasa Indonesia, sastra dan tradisi lisan, tembang Jawa, folklore, sejarah Jawa, dan sintaksis bahasa Indonesia.

Mahasiswa FIB juga diberi kesempatan yang sama untuk menimba ilmu di UM, adapun kegiatannya dimulai pada senin (25/10/2021). Prof. Tri Wiratno, Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FIB memberikan pesan agar mahasiswa mampu mengambil kesempatan ini untuk belajar terkait sastra dan kebudayaan. “Pertukaran pelajar ini merupakan suatu kesempatan untuk adik-adik mahasiswa saling memahami budaya antar bangsa, jika diilhami lagi kajian sastra kedua negara ini dapat diteliti lebih dalam”pungkasnya. (Rensi)