Page Detail

Maknai Hikmah Puasa FIB UNS Gelar Buka Bersama

Maknai Hikmah Puasa FIB UNS Gelar Buka Bersama

Mewarnai syahdunya bulan Ramadhan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar Buka Puasa Bersama pada Selasa (02/04/2024) jelang buka di Ruang Seminar FIB UNS.

Dekan FIB UNS, Prof. Dr. Warto, M. Hum. dalam sambutannya berharap bahwa kegiatan ini akan menumbuhkan rasa persaudaraan yang lebih erat lagi. "Kegiatan ini merupakan salah satu cara fakultas mempererat silaturahmi, patut diingat bahwa kegiatan ini bukan hanya untuk umat Islam saja, namun untuk semua agama"

Prof. Warto juga menambahkan pada peserta yang terdiri dari Mahasiswa, Tenaga Kependidikan, dan Dosen FIB UNS untuk menangkap hikmah positif yang akan disampaikan oleh ustadz melalui tausiyah.

Dosen Program Studi Sastra Arab FIB UNS, Dr. Khabibi M. Luthfi, S.S., M. Hum. sebagai ustadz dalam kegiatan ini menjabarkan beberapa definisi puasa. Beliau menjelaskan puasa dari aspek teologis dan sosiologis.

"Puasa dari sisi teologis bersifat norma dan pasti benar merujuk pada Al-Qur'an dan Hadist. Puasa dari sisi sosiologis atau tradisi itu di mana masyarakat mersepsi makana puasa itu sendiri, hat tersebut yang membuat puasa disetiao daerah berbeda" papar Dr. Khabibi.

Kegiatan yang bertajuk "Hikmah Puasa Ramadhan dari Aspek Sosial dan Keagamaan" ini dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan menjalankan sholat Maghrib berjamaah. (HUMAS FIB)