Page Detail

Mahasiswa Sastra Daerah FIB Gabung Tim Bengawan UV UNS,  Raih 7 Medali Lewat Ajang KKCTBN 2020

Mahasiswa Sastra Daerah FIB Gabung Tim Bengawan UV UNS, Raih 7 Medali Lewat Ajang KKCTBN 2020

Prestasi dapat diraih dari ajang manapun, seperti halnya Fahri Setyo Utomo mahasiswa prodi Sastra Daerah, Fakultas Ilmu Budaya (FIB), UNS, yang barus saja menyabet 7 medali dalam perhelatan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2020. Fahri tergabung dalam tim Bengawan Unmanned Vehicle (UV), UNS, bersama Andika Putra (Teknik Industri, UNS) dan Muhammad Hasya (Teknik Elektro, UNS), ajang ini berlangsung pada (5-7/11/2020) di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur. Event ini diikuti oleh 30 tim dari 13 universitas di Indonesia.

Dalam tim Bengawan UV UNS, Fahri bertugas sebagai ketua teknis persiapan kelayakan kapal dalam KKCTBN 2020. Berbekal menggemari dunia otomotif sejak kecil, mahasiswa semester V ini juga merasa tertantang mencoba hal baru, diluar studi yang dia pelajari. Mengilhami hal tersebut Fahri mampu maksimal menjalani perannya dalam tim. “Dalam tim Bengawan UV ini saya merasakan mendapat keluarga baru, mengetahui dari Sastra Daerah di sana saya dirangkul untuk selalu mencoba hal baru, kemudian diajari beberapa pengetahuan teknik. Dari kecil saya memang suka dunia otomotif” terang Fahri.

KKCTBN 2020 merupakan salah satu agenda tahunan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI, pada tahun ini tema yang diusung adalah “Inovasi Teknologi Kemaritiman dalam Penanganan Covid-19”. KKCTBN 2020 memiliki tiga kategori yang diperlombakan. Kategori tersebut, yakni Lomba Desain dan Re-desain Layout Akomodasi Penumpang Kapal, Lomba Kontes Performa Kapal ASV, ERC, FERC, dan Poster. pelaksanaannya dilaksanakan secara luring (offline) dan daring (online), sesuai konteks pada perlombaannya.

Dengan solit dan saling melengkapi satu dengan yang lain, Bengawan UV UNS, mampu memperoleh, juara I Fun Race Elektrik (luring), juara II Poster Autonomous (daring), Best  Prototipe Kapal Autonomous, Best Design Kapal Autonomous,  juara I Kontes Performa Elektrik ERC, Best Design Kapal Gasoline, juara  I Kontes Performa Kapal Gasoline FERC. Prestasi ini patut diapresiasi dengan pemahaman bahwa, mempelajari banyak kemahiran itu seyogianya kita lakukan bersama. (Rensi)