Page Detail

Mahasiswa FIB UNS Tulis Naskah Film Promosi Wisata

Mahasiswa FIB UNS Tulis Naskah Film Promosi Wisata

Mahasiswa Program Studi Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS), Zakiyatun Nur Saidah, menjadi salah satu Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNS yang membantu Masyarakat Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah dari aspek promosi desa wisata melalui sajian film. Menurut Zakiya desa tersebut menyimpan berbagai keindahan alam yang wajib untuk dikunjungi.

Zakiya yang tergabung dalam Kelompok 106 menggarap film bertajuk Pesona Gentan: Wisata Berbalut Cerita. Film ini membingkai Platar Ombo, Embung Sebomenggolo dan Sendang Lele dengan sangat menarik, Zakiya yang dibekali dengan ilmu penulisan kreatif menyusun narasi secara rapi, mengemas folklore dengan ringan untuk dinikmati semua kalangan. “Tiga tempat tersebut memiliki cerita yang melegenda, sehingga patut ditulis dan sajikan pada masyarakat luas” bebernya.

Bersua melalui aplikasi Whatsapp Kamis pagi (31/08/2023) Zakiya mengupas cara Kelompok 106 menggali cerita tentang folklore Desa Gentan. “Cerita-cerita yang berkembang dihimpun melalui wawancara dengan para sesepuh desa dan masyarakat. Hasil dari wawancara itu kemudian ditranskripsikan ke dalam tulisan sebagai sumber acuan dalam pembuatan naskah film” ungkapnya

Film ini dirilis bertepatan dengan malam tirakatan (16/8/2023) di depan posko KKN. Tim KKN mengajak warga untuk menyaksikan bersama film yang berdurasi sekitar 11 menit. Sebagai penutup, tim Kelompok 106 memberikan DVD film kepada Perangkat Desa Gentan. Selain pembuatan Film Kelompok 106 juga membuat buku saku dengan judul yang sama. (Gar/Rensi)

“Pesona Gentan: Wisata Berbalut Cerita” dapat disaksikan melalui kanal YouTube resmi Pemdes Gentan Bulu atau melalui link berikut:

https://youtu.be/z3JC4oGatj4