Page Detail

Kutarama Siap Tuntun Maru Sastra Daerah Lebih Kenal Prodi dan Budaya Jawa

Kutarama Siap Tuntun Maru Sastra Daerah Lebih Kenal Prodi dan Budaya Jawa

Kegiatan kreatif guna memberikan pengalaman sekaligus pengajaran pada mahasiswa baru (maru), giat dilakukan setiap program studi (Prodi) jelang menyambut sistem pengajaran secara tatap muka. Misalnya saja Prodi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) yang menggelar Kuliah Tahun Pertama (Kutarama). Adapun technical meeting kegiatan ini dilakukan pada Kamis siang (25/08/2020) di ruang 301 Gedung R.I. Muljanto FIB UNS.

Kegiatan ini akan dilaksanakan minggu pertama September (3, 4, 10, 11/09/2022). Pembekalan jelang kegiatan puncak Kutarama para peserta yang terdiri dari 82 Maru Sastra Daerah FIB, Ketua Panitia, Novia Fitri Damayanti, menerangkan beberapa jenis kegiatan yang akan maru lakukan. “Nantinya akan ada kegiatan wisata budaya dan gelora budaya. Di mana kalian (maru) diajak untuk mengenal budaya Jawa lebih dalam” ungkapnya.

Menukil penjelasan Novia dalam pemaparannya mengenai Kutarama, kegiatan ini merupakan fasilitator bagi maru agar mereka lebih mengenalkan prodi dan budaya secara komprehensif. Menjelang kegiatan wisata budaya dan gelora budaya maru juga dibagi menjadi delapan kelompok, dengan memilih nama pelbagai jenis gamelan. “Memilih jenis gamelan sebagai nama kelompok, kami (panitia) berharap agar maru mampu membuat harmonisasi nada untuk masa depan budaya bangsa, walau kentara memiliki perbedaan” tandas Novia.

Rencana kegiatan wisata budaya akan dilaksanakan di Museum Keris Surakarta dan di Museum Radya Pustaka, puncak gelora budaya digelar di Argabudaya UNS. Mutia Ayu Ningrum Wiji Lestari, Maru Prodi Sastra Daerah FIB, mengaku sangat semangat dan berterimakasih atas diadakan kegiatan Kutarama. “Melalui Kutarama semoga kami dapat paham lebih dalam terkait budaya dan dapat mengenal secara detail prodi kami (Sastra Daerah)” jelasnya. (Rensi)