Page Detail

Kuliah Alumni FIB UNS: Menata Karier Sesuai Potensi Diri

Kuliah Alumni FIB UNS: Menata Karier Sesuai Potensi Diri

Menyadari bahwa meniti karier itu adalah hal yang perlu dipersiapkan sebaik mungkin Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan Kuliah Alumni dengan tajuk Persiapan Diri untuk Meraih Karier pada Rabu pagi (22/06/2022) di ruang Seminar Gedung I. Suharno FIB. Diundang sebagai narasumber Rory Wardana, S.S. desainer ternama di kota Solo, sekaligus alumni Program Studi Ilmu Sejarah FIB.

Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pengalaman serta bekal bagi mahasiswa, agar dapat melangkah dengan tepat untuk mencapai karier yang cemerlang. Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FIB UNS, Prof. Dr. Tri Wiratno, M.A. dalam sambutannya juga menyinggung bahwa kegiatan ini merupakan wadah untuk memotivasi mahasiswa agar tetap percaya diri dalam meniti karier.

“Silahkan korek sebanyak-banyaknya informasi dari narasumber, agar kalian terinspirasi untuk bersemangat menyelesaiakan studi dan terjun ke dunia kerja sesuai dengan keinginan kalian sendiri. Jadikan kegaiatan ini sebagai pemantik pijar pelita bagi karier kalian semua” papar Prof. Tri.

Rory Wardana merupakan salah satu desainer yang moncer di kota Bengawan, kemampuannya menyihir batik  menjadi lebih megah, terbukti beliau memperoleh penghargaan internasional Best Costume Miss Ellite World 2021 di Kairo, Mesir. Dalam pemaparannya Rory menjelaskan peran prodi dalam perjalanan kariernya. “Ilmu Sejarah memberikan inspirasi pada saya, bentuk candi misalnya, melalui relief dan struktur bangunannya yang dulu saya pelajari waktu kuliah, saat ini dapat saya goreskan di media kain menjadi batik” terangnya.

Melalui penjelasan yang menarik, Rory mengajak para peserta yang terdiri dari mahasiswa lintas prodi dan angkatan ini untuk tetap tekun dan telaten terhadap upaya mereka meniti karier. “Potensi diri pasti akan dipakai walaupun mungkin tidak sejalan dengan pekerjaan anda, tapi yakin suatu saat potensi anda akan menghantarkan ke titik kesuksesan” ujarnya.

Dalam Kuliah Alumni  pria yang memiliki brand Poesponingrat ini juga mengajari peserta untuk berpenampilan baik walau dengan pakaian yang sederhana. Rory memilih beberapa mahasiswa diundang maju kedepan lantas mereka diberikan edukasi tentang style batik yang elegan, setelah didandani mereka dituntun untuk fashion show bagai model professional. (Rensi)