Page Detail

Komprehensif Prodi Sastra Arab FIB UNS Adakan Pelatihan TOAFL

Komprehensif Prodi Sastra Arab FIB UNS Adakan Pelatihan TOAFL

Sebagai Program Lompatan Kreatif Program Studi (prodi) Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan Pelatihan Bahasa Arab Test of Arabic as a Foreign Language (TOAFL) kegiatan ini dilakukan selama tiga hari (11-13/11/2022) mengambil tempat di Ruang Seminar pada hari pertama dan seterusnya dilaksanakan Ruang 301 FIB UNS. Hadir sebagai pemateri Dr. Muhajir, M.S.I, (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Mohammad Rofiqi, S.S, M.Hum. (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Abdul Malik, S.S., M.Hum. (FIB UNS) dan Dr. Khabibi Muhammad Luthfi, M.Hum. (FIB UNS).

Dijumpai di Ruang Prodi Sastra Arab Gedung I. Suharno FIB UNS, Kepala Program Studi Sastra Arab FIB UNS, Dr. Eva Farhah, S.S., M.Hum mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan untuk mengasah dan memberikan pengajaran tentang keterampilan berbahasa Arab. “Tujuan dari kegiatan adalah untuk mengasah kemampuan dan kemahiran mahasiswa dalam berbahasa Arab,  memberikan keterampilan dalam memahami soal-soal TOAFL, mengupayakan jejaring kerja sama dengan Pusat Bahasa UIN dalam rangka pendirian unit pelayanan bahasa Arab di FIB UNS” ungkapnya.

Dr. Mujahir sebagai pemateri di hari pertama menerangkan tentang tujuan dari TOAFL, antara lain standardisasi soal-soal bahasa Arab, mengetahui tingkat ketercapaian tujuan pengajaran bahasa. alat ukur atas empat  kemahiran berbahasa, pemetaan kompetensi berbahasa mahasiswa atau dosen, mengetahui tingkat kompetensi berbahasa. Dalam pelatihan ini Sekretaris Pusat Pengembangan Bahasa (P2B) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta itu juga akan memberikan tes kepada para peserta

“Adapun tesnya terkait kemahiran menyimak 50 soal yang terdiri dari kosa kata (mufradat), percakapan (chiwar), teks, kebudayaan Arab (tsaqafah Arabiyah), gramatika Arab, kesesuaian susunan gramatika, idiom, kemampuan memahami dan menganalisis penggunaan kata, ungkapan dan struktur yang salah dalam sebuah kalimat, kemampuan melengkapi kalimat dengan ungkapan atau struktur baku, kemampuan memahami dan menganalisis penggunaan idiom dalam sebuah kalimat berjumlah 40 soal, kemahiran membaca  soal, teks panjang dan teks pendek sejumlah 50 soal” ujar Dr. Mujahir.

Pada hari kedua Mohammad Rofiqi memaparkan tentang pola-pola kemahiran dalam bahasa Arab, yakni kemahiran menyimak (maharah al-istima’), kemahiran berbicara (maharah al-kalam), kemahiran membaca (maharah al-qira’ah) dan kemahiran menulis (maharah al-kitabah). Hari terakhir peserta diajak praktik. Tercatat ada sebanyak 140 peserta yang terdiri dari para mahasiswa Prodi Sastra Arab FIB UNS semester tiga dan tujuh.  Kegiatan ini dinilai sangat bermanfaat untuk peningkatan kemampuan dan kemahiran dalam bahasa Arab. Selain itu, harapannya kedepan Prodi Sastra Arab FIB UNS dapat mendirikan unit pelayanan TOAFL pada tahun-tahun yang akan datang secara mandiri untuk meningkatkan mutu pendidikan. (Rensi)