Page Detail

Kesuksesan Mohamad Fajar Serta  Peranan Prodi Sastra Daerah FIB UNS

Kesuksesan Mohamad Fajar Serta Peranan Prodi Sastra Daerah FIB UNS

Peningkatan kompetensi mahasiswa  baik dari aspek akademik maupun non akademik merupakan suatu bentuk tanggung jawab Program Studi (prodi) selaku “orang tua” dari para mahasiswa. Dengan dukungan dari fakultas dan mahasiswa, berbagai upaya telah dilakukan untuk membentuk mahasiswa menjadi lebih berkualitas. Misalnya saya Prodi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) yang telah membibing Mohamad Fajar (Mahasiswa Sastra Daerah angkatan 2018) hingga berhasil meraih juara I dalam Lomba Nembang Macapat Mahasiswa Tingkat Nasional Tahun 2022 dalam rangka Dies Natalis ke-46 UNS.

Sastra Derah dengan visinya mewujudkan mahasiswa yang unggul dan memegang kokoh nilai luhur budaya Jawa, getol membentuk mahasiswanya untuk mencintai serta memajukan budaya. Fajar (nama panggilan Mohamad Fajar) di sela penerimaan hadiah pemenang Lomba Nembang Macapat pada Selasa sore (24/05/2022) di ruang Seminar Gedung I. Suharno FIB UNS mengatakan, semua berkat prodi yang membimbing, mengarahkan, dan melatih.

“Saya selama ini belum tahu banya tentang nembang Macapat, setelah menjadi mahasiswa Prodi Sastra Daerah saya diberikan banyak pemahaman tentang itu. semula tidak tahu sekarang jadi paham, terimakasih juga untuk Dra. Endang Tri Winarni, M.Hum. yang secara khusus sudah memberikan banyak ilmu pada saya. Segala bentuk pencapaian yang saya peroleh merupakan hasil dari tekun dan disiplin belajar” ungkap Fajar.

Akhir perbincangan Fajar juga memberikan sepenggal pesan pada Laskar Budaya untuk tetap mencintai budaya bangsa. “Mari kita sebagai generasi muda cintailah budaya, salah satunya dengan belajar nembang  Macapat. Selain mengajarkan kepiawaian dalam bidang tarik suara kandungan lirik dalam Macapat juga mengandung aspek sastra yang membawa nilai-nilai luhur budaya Jawa” pungkasnya. (Rensi)