Page Detail

Implementasikan Nilai Pancasila, FIB UNS Adakan Donor Darah

Implementasikan Nilai Pancasila, FIB UNS Adakan Donor Darah

“Terlihat muda yang suka humor, dalam berbicara tidak mencela, berbahagialah orang yang suka donor, terpelihara kesehatan juga berpahala” pantun dari Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret  (UNS), Prof. Dr. Warto, M.Hum. melantun bersama tepuk semangat peserta dalam kegiatan Donor Darah Rutin UNS hasil kerja sama antara FIB UNS, Dharma Wanita Persatuan (DWP) UNS, dan Palang Merah Indonesia (PMI) Surakarta. Tercatat sebanyak 50 peserta yang turut berpartisipasi dalam kegiatan untuk kemanusiaan pada Senin pagi (13/06/2022) di Gedung I. Suharno FIB UNS itu.

Prof. Warto dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan donor darah ini memiliki makna yang besar bagi UNS dan masyarakat. “Melalui kegiatan ini kita diajar untuk melatih kepekaan dan kepeduliaan bagi sesama. Donor darah sebagai wujud tindakan kemanusiaan yang condong sebagai implementasi nilai luhur Pancasila” paparnya.

Tanggapan serupa juga diutarakan oleh Wakil Rektor Umum dan SDM UNS, Prof. Dr. Bandi, M.Si., Ak. melalui sambutannya beliau menyatakan bahwa UNS sebagai kampus benteng Pancasila, selayaknya harus mewujud nyatakan nilai-nilainya. “Implementasi nilai Pancasila salah satunya dengan paham dan peka terhadap sesama” ungkapnya.

Beberapa alur harus dilewati dan dilengkapi bagi calon pendonor untuk sampai pada tahap donor darah, salah satunya adalah proses screening, pada tahap ini calon pendonor diperiksa golongan darah, kadar hemoglobin darah, dan tekanan darah. Sebagai pendonor pertama dalam kegiatan ini, Mujiman (Tenaga Kependidikan FIB UNS) mengaku sangat senang dapat lolos screening dan merasa bangga dapat mendonorkan darahnya untuk membantu sesama.

Senada dengan Mujiman, Dwi Hastuti, S.Sos (Tenaga Kependidikan UPT. Humas dan Media UNS) menyatakan bahwa beliau rutin donor darah karena aspek kesehatan dan peduli terhadap sesama. “Ini bukan kali pertama saya donor darah. Yah semua karena bentuk peduli saya pada orang lain dan diri sendiri” terangnya. (Rensi)