Page Detail

Harapkan Dampak Besar Untuk Masyarakat,  FIB UNS Jalin Kerja Sama dengan Pura Mangkunegaran.

Harapkan Dampak Besar Untuk Masyarakat, FIB UNS Jalin Kerja Sama dengan Pura Mangkunegaran.

Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan kerja sama dengan Pura Mangkunegaran terkait penelusuran arsip, penerjemahan arsip, penyelenggaraan seminar, dan penelitian. Perjanjian kerja sama (PKS) antar keduanya dilakukan pada Jumat pagi (07/10/2022) di Ruang Sidang 1 Gedung I. Suharno FIB UNS.

Dekan FIB UNS, Prof. Dr. Warto, M.Hum. dalam sambutannya berharap melalui PKS ini dapat memupuk hubungan yang semakin kuat antara Pura Mangkunegaran dengan UNS. “Sedikit flashback, dulu Mangkoenagoro VIII turut andil dalam berdirinya UNS. Nah, melalui PKS ini semoga hubungan semakin kuat antara kedua belah pihak, kala itu ketika memilih nama universitas, UNS sempat diberi pilihan nama Universitas Samber Nyawa yang notabene adalah sebutan dari Mangkoenagoro I” tuturnya.

Rampung sambutan dari Prof. Warto, Sri Paduka Mangkoenagoro X menyambung dengan mengajak segenap Sivitas Akademika FIB UNS, untuk bersama menciptakan kegiatan yang berdaya guna mencerdaskan masyarakat. “Melalui kerja sama ini saya harap bisa bersinergi, untuk memberi pengembangan dalam bidang pengetahuan sejarah dan budaya pada masyarakat luas. Kita paham bahwa sejarah bukan hanya untuk dikenang, tapi sebagai tuntunan atau fondasi guna menjalani masa depan” ungkapnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan FIB UNS, Dosen Prodi Ilmu Sejarah FIB UNS, dan lima orang yang menyertai Sri Paduka Mangkoenagoro X. PKS ini bisa menjadi stimulus bagi kedua belah pihak untuk memberikan dampak besar bagi masyarakat, dalam bidang sejarah, arsip, dan pelestarian budaya. Selesai dari kegiatan ini, Sri Paduka Mangkoenagoro X akan menjadi narasumber dalam Kuliah Umum Prodi Ilmu Sejarah FIB UNS. (Rensi)