Page Detail

Halalbihalal FIB UNS Keberagaman dan Kebersamaan Kunci Untuk Maju

Halalbihalal FIB UNS Keberagaman dan Kebersamaan Kunci Untuk Maju

Menggapai kehangatan di hari kemenangan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar Halalbihalal untuk seluruh keluarga besar FIB UNS di Halaman Gedung I. Suharno FIB UNS. Berpayung langit cerah Rabu pagi (03/05/2023) kegiatan yang bertajuk Merajut Jalinan Silaturahmi dalam Kebersamaan dan Keberagaman Menuju FIB Lebih Maju ini mengundang Ir. H. Muhammad Seno Hadi Sumitro, M. HI, M. Ag. sebagai penceramah.

Melengkapi kehangatan kegiatan ini Dekan FIB UNS, Prof. Dr. Warto, M.Hum. mengajak seluruh warga FIB UNS untuk saling menerima keberagaman, serta menghayati momentum Idulfitri 1444 Hijriah sebagai proses refleksi diri untuk menjadi manusia yang lebih baik. Prof. Warto menggaris sebuah arti dalam kegiatan ini sebagai salah satu cara untuk merangkul perbedaan demi mencapai kemajuan.

“Terima kasih atas kehadirannya, hal ini kiranya dapat menambah daya semangat buat kami (Sivitas Akademika FIB UNS) mengukir kemajuan FIB. Melalui silaturahmi semoga kita bisa meningkatkan etos kerja, harapan kedepan agar dari hari-kehari FIB lebih melejit prestasinya. Hari ini lebih baik dari kemarin itu beruntung, namun jika sebaliknya ciloko (celaka) karena itulah kita harus menepikan ego guna menyatukan langkah demi cita-cita FIB yaitu memajukan peradaban” ungkap Prof. Warto dalam sambutannya.

Rampung penyampaian informasi fakultas dan ikrar halalbihalal, Ustad Seno membuka ceramah dengan mengajak kita untuk menerima keberagaman, menurut beliau keberagaman merupakan berkah dan kehendak dari Allah. Melalui ceramahnya beliau juga membagikan resep untuk menjalin hubungan yang baik antar sesama.

“Semangat Idulfitri harus menjadikan kita sebagai orang yang pemaaf, namun nampaknya maaf saja tidak lengkap karena mengambil analogi sebuah kertas yang putih bersih tidak akan kembali seperti semula walau noda pena sudah dihapus dengan metode apapun. Jadi resep untuk menjaga hubungan baik sebagai wujud kita mengilhami semangat Idulfitri adalah dengan menjadi pribadi yang bisa membuka lembaran baru”  tutur Ustad Seno.

Halalbihalal Keluarga Besar FIB UNS ditutup dengan saling bersalam-salaman sebagai gambaran kehangatan hubungan kekeluargaan setiap organ di FIB UNS, kegiatan ini juga semakin manis dengan lantunan musik-musik bernafas religi yang disenandungkan oleh Dosen Program Studi Ilmu Sejarah FIB UNS, Yusanan Sasanti Dadtun, S.S., M.Hum. (Gar/Rensi)