Page Detail

Hadirkan Profesor dari USA, FIB UNS Gelar Workshop Penulisan Jurnal Ilmiah Internasional

Hadirkan Profesor dari USA, FIB UNS Gelar Workshop Penulisan Jurnal Ilmiah Internasional

Membuka wawasan keilmuan dari berbagai sumber sangat diharuskan dewasa ini, menilik hal tersebut Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar Workshop Penulisan Jurnal Ilmiah Internasional pada Kamis (25/04/2024) di Ballroom UNS Tower dengan menghadirkan Prof. Sam Pack (guru besar Antropologi Budaya Kenyon College, Ohio USA) sebagai narasumber.

Kegiatan ini merupakan wadah dari fakultas untuk memberikan pemahaman yang lebih luas tentang aspek penulisan jurnal ilmiah berskala internasional. Dosen Program Studi Sastra Inggris FIB UNS, Dr. Yusuf Kurniawan, S.S., M. Hum. bertindak sebagai moderator dalam kegiatan kali ini.

Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FIB UNS, Prof. Dr. Tri Wiratno, S.S., M.A. dalam sambutanya mengutarakan rasa terima kasihnya pada narasumber, karena bersedia menuntun para peserta yang terdiri dari Dosen dan Mahasiswa FIB UNS. Prof. Tri juga mengajak para peserta dapat menggali banyak hal melalui kegiatan kali ini.

Prof. Sam awal pemaparannya mengatakan akan memberikan beberapa formula tentang tips menulis jurnal ilmiah, salah satunya adalah cara pandang mencari referensi, buat catatan proyek penulisan, cari rekan untuk saling jajak pendapat dalam mencari topik penulisan,dan perhatikan cara penulisan.

"This is not magic formula. Oke, first create a storyboard, solicit constructive feedback, and create writing group" tutur Prof. Sam.

Prof. Sam dalam pemaparannya juga menambahkan bahwa tulisan harus dimulai dengan latar belakang pengarahan masalah secara jelas, spesifik, dan pemilihan kalimat mendekati unsur deklaratif. Kemudian dari aspek metodologi beliau menjelaskan untuk memberikan cerita tentang bagaimana mencari informan dan mengumpulkan beberapa data.

Kegiatan dihangatkan dengan sesi tanya jawab para dari peserta ke narasumber dan ditutup dengan foto bersama. (HUMAS FIB)