Page Detail

Guna Perkaya Pehaman Terkait Penulisan Artikel Ilmiah dan Pengelolaan Jurnal, FIB UNS Gelar Warkshop

Guna Perkaya Pehaman Terkait Penulisan Artikel Ilmiah dan Pengelolaan Jurnal, FIB UNS Gelar Warkshop

Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) kembali menggelar kegiatan untuk memberikan pemahaman terkait penulisann pada Jumat tengaah hari (14/10/2022), kegiatan akademik kali ini bertajuk Workshop Penulisan Artikel Ilmiah dan Pengelolaan Jurnal. Bertempat di Indraprasta Hall UNS Inn, Surakarta kegiatan ini mengundang Dr. Ir. Mujiyo, S.P., M.P. dan Prof. Irwan Trinugroho, S.E., M.Sc., Ph.D. sebagai narasumber. Kedua narasumber dari UNS ini diharapkap dapat membantu para peserta agar memiliki pandangan yang lebih segar, dalam penulisan dan pengelolaan jurnal.

Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FIB UNS, Prof. Dr. Tri Wiratno, M.A dalam sambutannya melambungkan harapannya bahwa, melalui kegiatan ini pengelolaan jurnal di FIB menjadi lebih sehingga dapat memberikan sumbang yang manis untuk universitas. Kegiatan yang dimoderatori oleh Sopyan Ali, S.S, M.Hum (staff pengajar di UPT P3B UNS) ini dibuka oleh pembahasan dari Dr. Mujiyo, beliau menerangkan tentang manajemen jurnal ilmiah.

“Menurut saya, manajemen jurnal ilmiah yang baik itu menjalankan tata kelola sesuai standar penerbitan, kemurnian menjaga mutu penyuntingan, substansi, gaya dan format. Persyaratan dasar jurnal ilmiah di antaranya ada E-ISSN, bersifat ilmiah, terbit secara teratur dan berkelanjutan baik itu secara umur, frekuensi dan jumlah artikel setiap kali terbit” tutur Dr. Mujiyo.

Pembahasan berikutnya dilengkapi oleh Prof. Irwan, secara telekonferensi melalui Zoom Meeting beliau menjabarkan materinya yang berjudul How to get published in Reputable Journals. Penjabarannya merujuk pada suatu jurnal yang baik, selain itu beliau juga menjelaskan tentang kenapa jurnal kurang menarik. “Kadang ceritanya kurang update bahkan terkesan kaku, jadi pada saat reviewer membaca kurang begitu tertarik. Satu hal lagi yang perlu dipahami bahwa kebanyakan penelitian-penelitian kualitatif dari segi analisisnya hanya sekedarnya tanpa melalui analisis lebih mendalam” ungkapnya.

Lepas sesi tanya jawab dari para peserta, kegiatan ini ditutup oleh Prof. Tri Wiratno, melalui closing statement beliau mengatakan bahwa semoga dari kegiatan ini akan muncul penelitian yang segar dan berguna bagi masyarakat, selain itu proses penulisan karya ilmiah dari para mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini bisa lancar, dengan motivasi kuat menyelesaikan studi tepat waktu. (Rensi)