Page Detail

Guna Menata Sekaligus Meninjau Kurikulum Prodi S-3 Linguistik Gelar Lokakarya

Guna Menata Sekaligus Meninjau Kurikulum Prodi S-3 Linguistik Gelar Lokakarya

Jelang akhir tahun Program Studi (prodi) S-3 Linguistik Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar kegiatan guna mempersiapkan kurikulum perkuliahan yang lebih solid. Kegiatan yang menunjang kemajuan bidang akademik tersebut bertajuk Lokakarya Peninjauan Kurikulum selama dua hari (16-17/12/2022) di Ballroom Tower Ki Hadjar Dewantara UNS.

Hadir sebagai narasumber Dr. Raden Arief Nugroho S.S., M.Hum. (Dekan FIB Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS), Semarang) dan Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum. (Wakil Rektor I Bidang Akademik, Riset, Pengabdian, Publikasi & HAKI Universitas Muhammadiyah Surakarta) keduanya diundang untuk memberikan gambaran serta pandangan terkait peninjauan kurikulum.

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FIB UNS, Prof. Dr. Warto, M.Hum. dalam sambutannya beliau mengatakan lokakarya ini dapat membantu mencetak para doktor lebih cepat, guna membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Dr. Raden Arif menjadi narasumber pertama, dalam materinya yang berjudul Peninjauan Kurikulum Penerjemahan S-3 Linguistik UNS: Perspektif Stakeholder beliau menjabarkan hasil pemantauan alumni S-2 dan S-3 Linguistik UNS yang mengajar di UDINUS serta potensi pemetaan jurnal.

Prof. Harun menjelaskan tentang Etika Keilmuan dan Pengembangan Kemampuan Akademik Dosen UMS, beliau menjabarkan tentang lingkaran persoalan kompetensi lulusan antara lain kemampuan komunikasi, leadership, literasi teknologi, dan kedisiplinan. Selain hal tersebut Prof. Harun juga menjelaskan tentang strategi transformasi pembelajara. “Era komunikasi global saat ini kita harus memiliki karakater yang kuat, menanamkan pemahaman bahwa belajar itu sepanjang hayat, reflektif dan transformatif” tuturnya.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Dr. Wiwik Yulianti, M.Hum. (Dosen FIB UNS) tersebut dilanjutkan dengan diskusi kelompok yang dipimpin oleh Prof. Drs. Riyadi Santosa, M.Ed., Ph. D. (bidang linguistik) dan Prof. Drs. M. R. Nababan, M.Ed., M.A., Ph.D (bidang penerjemahan). Diskusi menyeruak menghasilkan beberapa usulan terkait peralihan mata kuliah serta memunculkan matakuliah anyar yang dirasa menambah kekayaan kompetensi mahasiswa. Peserta dalam lokakarya kali ini sebanyak 60 peserta yang terdiri dari mahasiswa Prodi S-3 Linguistik FIB UNS lintas angakatan, stakeholder, alumni, dosen, dan tenaga kependidikan. (Rensi)