Page Detail

Gempita Semangat PKKMB FIB UNS

Gempita Semangat PKKMB FIB UNS

Mentari kembali merangkak di sudut horizon, gempita semangat terpancar lewat perwakilan senyum dari para mahasiswa baru dalam bingkai media Zoom Cloud Meeting. Akibat pandemi Covid 19 nyaris semua akitifitas dialihkan lewat dimensi online, begitu juga Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2020 di Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Sebelas Maret (UNS) yang dilakukan pada, Rabu-Kamis (16-17/09/2020).

Langit biru dengan gradasi awan putih memayungi gedung III FIB, menjadi backgroud virtual yang diseragamkan dalam PKKMB  2020 secara daring, lantunan selamat dan semangat dengan apik juga disampaikan oleh Prof. Dr. Warto, M.Hum, Dekan FIB. Bagi mahasiswa baru, FIB adalah pilihan tepat, ditengah gejolak perubahan masyarakat yang kurang memperhatikan aspek kebudayaan.      

Dalam pemaparannya Prof. Warto juga menyinggung tentang program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan perihal Kampus Merdeka, guna memajukan peradaban mahasiswa generasi saat ini, harus mampu membuka khazanah dengan pelbagai pengetahuan yang lebih variable.  “Maksud dari Kampus Merdeka itu anda tidak hanya diajari berenang di kolam yang sempit, namun anda dipersiapkan untuk berenang melintas selat. Nah, ini melatih sisi ketahanan, gaya berenang harus bermacam-macam, cara mengatasi tekanan dan tantangan apapun ketika kalian berenang di laut nantinya, kalau tidak dipersiapkan secara baik kalian akan tenggelam” jelasnya.

Motivasi dengan nada yang seirama disampaikan oleh Prof. Dr. Tri Wiratno, M.A, Wakil Dekan Bidang Akademik FIB, melalui pantauannya mahasiswa FIB terbukti mampu menyelesaikan permasalahan sosial. “Kenapa memilih Fakultas Ilmu Budaya tidak fakultas yang lain ? Fakultas kita itu belajar tentang ilmu humaniora, budaya, filsafat dan sosial. Itu akan menjadi pengetahuan akumulatif, kita mempunyai wawasan luas tentang apa yang dijalanai sehari-hari. Lewat pengalaman saya membimbing KKM, mahasiswa FIB lebih mampu  menyelesaikan permasalahan sosial yang ada di sana” ungkapnya.

 

Acara PKKMB 2020 berlanjut pada pemamaran Informasi Bidang Akademik yang disampaikan oleh, Kasub Akademik, Maretta Elly Susilowati, S.E, kemudian penjelasan mengenai Sistem Informasi dan Administrasi Akademik (Siakad) dijelaskan oleh Laksono Widiyanto. Sinar  matahari kian berjalan, hal itu agaknya tidak menambah efek lelah, malah teriknya membakar semangat mahasiswa baru, yang dengan sekasama mendengarkan pemamaran tentang Menejemen Keuangan dan Sistem Informasi FIB UNS, oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Dr. Wakit, M.Hum.

Sebelum rehat ISHOMA Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Henry Yustanto, M.A menjabarkan materi tentang Potensi, Minat, dan Bakat Mahasiswa. Senyum ramah dan penjelasan yang renyah, layaknya  merangkul dengan  nyaman seluruh mahasiswa baru FIB tahun akademik 2020/2021. Menurutnya, minat yang didorong dengan potensi akan menghasilkan sesuatu dengan maksimal. “Minat yang sudah anda putuskan itu didorong dengan potensi yang ada dalam pribadi masing-masing itu akan menghasilkan suatu kinerja yang sangat maksimal. Mulai dari potensi, minat dan bakat jika semuanya bersinergi pasti akan melahirkan mahasiswa yang baik” terangnya.

Dinar Winahyu Damayanti, MC PKKMB FIB. Menyemangati Maba dengan Pekik “Mahasiswa Baru Pasti, FIB Bisa”

Pekik “Mahasiswa Baru Pasti, FIB Bisa” agaknya menjadi awal dentum semangat. Kedepan mahasiswa FIB diharap pasti bisa menyelesaikan tantangan kompleks yang mereka hadapi. Mulai dari, sisi akademik maupun aspek lain, hingga kelak melahirkan lulusan yang kompeten dan memajukan peradaban.

Dapat diinformasikan Rekap Data Mahasiswa Baru Tahun 2020 Fakultas Ilmu Budaya, sebagai berikut :

NO

PRODI

JUMLAH

1.

2.

3.

4.

5.

Sastra Daerah

Sastra Indonesia

Sastra Inggris

Ilmu Sejarah

Sastra Arab

 

73

  75

64

58

61

 

 

Total

        331