Page Detail

Garap Publikasi Video, RG Sejarah Kebudayaan FIB UNS Lakukan Pegabdian  di Sangar Seni Tresna Budaya

Garap Publikasi Video, RG Sejarah Kebudayaan FIB UNS Lakukan Pegabdian di Sangar Seni Tresna Budaya

Menggenapi tugas masyarakat akademik guna melaksanakan program Tri Dharma Perguruan Tinggi, Research Group (RG) Sejarah Kebudayaan Program Studi (prodi) Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Sanggar Seni Tresna Budaya yang berlokasi di Jl. Baron Km 12 Dusun Glagah, Kalurahan Kemiri, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada Sabtu (15/06/2024) pagi.

Kegiatan ini bertajuk “Pembuatan Film Advertorial Sanggar Seni Tresna Budaya sebagai Penguatan Kalurahan Kemiri Menuju Kalurahan Budaya”. Dr. Yusana Sasanti Dadtun, S.S., M.Hum. anggota RG Sejarah Kebudayaan dalam rilis menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan Sanggar Seni Tresna Budaya. “Kami mencoba membantu Sanggar Seni Tresna Budaya dalam aspek publikasi agar peminat semakin meluas” tuturnya.

Harapan jangka panjang juga diutarakan oleh Dr. Yusana melalui publikasi yang menarik pekembangan sanggar akan lebih pesat, hasilnya dapat meningkatkan dukungan terhadap Desa Kemiri, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul untuk berubah status dari “rintisan kalurahan budaya” menjadi “kalurahan budaya”.

Melalui kegiatan ini dilakukan pengambilan video wawancara dengan pengurus untuk mengungkap sejarah dan aktivitas sanggar. Selain itu, juga dilakukan pengambilan video kegiatan sanggar yang secara kebetulan sedang mengadakan latihan Langen Sekar, persiapan untuk mengikuti festival di Taman Budaya Gunungkidul beberapa bulan yang akan datang. Video-video tersebut akan menjadi bahan pembuatan film advertorial yang akan diunggah ke media-media sosial. (RG Sejarah Kebudayaan/Humas FIB)