Page Detail

Fokus Pengamanan Aset, PT KAI Ajak FIB UNS Kerja Sama

Fokus Pengamanan Aset, PT KAI Ajak FIB UNS Kerja Sama

Kendati mendung tidak  menyurutkan niat baik Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Indikator Kinerja Utama (IKU) melalui  Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) pada Jumat tengah hari (27/05/2022) di ruang Sidang II Gedung Dr. Prakosa (Kantor Pusat UNS) Lantai 2.

PKS ini berfokus tentang penelitian dan pengembangan ilmu sejarah dalam upaya pengamanan aset PT KAI. Dekan FIB, Prof. Dr. Warto, M. Hum dalam sambutannya menumpahkan rasa terimakasihnya pada PT KAI. "Kami sangat berterimakasih pada PT.KAI yang kiranya mau mengajak kami turut serta menjadi fasilitator guna menyelamatkan lahan dengan melacak serta mengumpulkan beberapa bukti sejarah. Selain itu kerja sama ini dapat membantu mahasiswa kami menjalani program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)” tuturnya.

Pendapat serupa juga diutarakan oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi UNS. “PKS ini saya harap akan jadi pemantik untuk pelbagai kerja sama yang lain. Berlandaskan ungkapan Jas Merah, jangan lupakan sejarah, semoga dari kegiatan ini mengandung nilai dan menggunakan aspek historis sebagai alat untuk menyelesaikan segala permasalahan” ungkapnya.

Sementara itu Dirut PT KAI, Didiek Hartantyo berharap melalui PKS ini FIB UNS dapat turut serta membantu mengkaji segala bentuk bukti sejarah untuk kepentingan aset. “PT KAI Sebagai perusahan yang memiliki catatan sejarah panjang, karena itu kami inginkan dan harapkan melalui kerja sama ini FIB dapat membantu kami menemukan pedoman dalam mengkaji kepentingan sejarah guna menyelamatkan aset” terangnya.

Penandatangan ini dilakukan secara luring dan daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting, diharapkan kedepan kerja sama bisa merambah bidang lain. PKS ini juga merupakan turunan dari nota kesepahaman yang telah ditandatangani oleh Rektor beberapa waktu lalu. (Rensi)